Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belajar dari Korea, Mendorong Perkembangan Kosmetik Indonesia

KOMPAS.com - Produk kecantikan Korea Selatan atau yang biasa disebut dengan K-beauty dikenal luas oleh dunia selama beberapa tahun terakhir, dan menyebar dengan cepat melalui Gelombang Hallyu (gelombang budaya populer Korea Selatan).

Dalam beberapa tahun terakhir, K-beauty juga menciptakan perubahan pada bidang tata rias dan perawatan kulit dunia, mulai dari tren gaya makeup natural ala bintang K-Pop, 10-Step Skincare Routine, dan lainnya.

Saat ini K-Beauty bahkan terus berkembang, dan memiliki fokus pada pengenalan bahan dasar dermatologis yang lebih efektif serta peningkatan kemunculan merek indie baru yang menarik.

Didukung oleh kemasan produk yang unik, formula yang simpel namun efektif serta inovatif, dan harga yang relatif terjangkau, K-Beauty telah mengubah selera konsumen global dalam memilih produk makeup dan skincare.

Media sosial telah mengambil peran besar dalam menyebarkan K-Beauty, dan hal ini menginspirasi banyak merk kecantikan lokal untuk menghadirkan produk yang setara dengan K-Beauty.

Saking besarnya pengaruh yang diberikan oleh K-Beauty, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia menyatakan akan mencontoh kemajuan K-Beauty dalam pengembangan industri kosmetik dan obat herbal di dalam negeri.

Namun tahukah kamu, apakah definisi K-Beauty yang sebenarnya? Dan seperti apa karakteristik yang membuat sebuah produk dapat diidentifikasi sebagai K-Beauty?

Sebagai usaha untuk mendefinisikan K-Beauty secara jelas dan mendalam kepada pasar produk kecantikan Indonesia, PT Cosmax Indonesia yang merupakan manufaktur kosmetik asal Korea Selatan di Indonesia memperkenalkan istilah “HYBRID”.

HYBRID yang secara harafiah berarti penggabungan atau pencampuran, merupakan singkatan dari beberapa istilah antara lain:

  • Hibrida / Hybrid: Inovasi penggabungan dua elemen yaitu makeup dan skincare dalam satu produk;
  • Young: Karakteristik yang terkesan ‘muda’, unik, minimalis, dan enerjik;
  • Be Quick: Kecepatan, kepraktisan, dan kemudahan dalam memperoleh serta menggunakan produk;
  • Reasonable: Harga produk yang relatif sesuai, wajar, dan terjangkau;
  • Idol: Inspirasi yang diperoleh dari gaya bintang atau idol yang saat ini terkenal di Indonesia;
  • Derma: Kebutuhan atas formula dan bahan dasar dermatologis yang lebih stabil, aman, bersih, dan nyaman digunakan.

Istilah-istilah ini mendefinisikan K-Beauty sebagai produk kecantikan yang memiliki inovasi tinggi, muda, praktis, aman, terjangkau, dan dapat menginspirasi dunia kecantikan dalam jangka waktu lama.

“Dengan memperkenalkan istilah HYBRID, PT Cosmax Indonesia bertujuan mengedukasi konsumen sehingga dapat menginspirasi perkembangan industri kecantikan Indonesia," ujar Na Sung Min, Strategic Marketing Leader PT Cosmax Indonesia.

"Dengan pemahaman lebih mendalam tentang K-Beauty, produk kosmetik lokal dapat menyerap serta ‘menggabungkan’ inovasi K-Beauty dengan inovasi lokal, untuk mendorong pemanfaatan bahan dan sumber daya lokal pada produk kosmetika dalam negeri.” 

Selain itu, HYBRID diharapkan dapat memicu semangat wirausaha untuk terus menggarap merk makeup dan skincare lokal untuk menjawab permintaan pasar Indonesia terhadap produk-produk dengan kualitas serta karakteristik serupa dengan K-Beauty.

Mendukung hal ini, Cheong Min-Kyoung, Presiden Direktur PT Cosmax Indonesia menyatakan bahwa Cosmax Indonesia siap mendukung industri kecantikan di Indonesia dalam memproduksi produk kosmetik berkualitas.

“Kami siap bekerjasama dengan berbagai merk kosmetik lokal dalam mengembangkan  karakteristik K-Beauty ke dalam produk-produknya. Ini merupakan bentuk dukungan dalam menciptakan produk makeup dan skincare lokal yang halal, aman, vegan, unik, dan berkualitas," ujarnya.

PT Cosmax Indonesia sendiri merupakan salah satu perusahaan di bawah naungan Cosmax Korea yang bergerak di bidang Cosmetics Research, Development, and Manufacturing.

Beroperasi sejak tahun 2012 di Indonesia, PT Cosmax Indonesia sudah memproduksi berbagai jenis produk kecantikan antara lain makeup dan skincare dalam berbagai bentuk seperti Gel, Liquid, Cream, semi liquid, Solid dan Powder.

Bahkan pada tanggal 24 Mei 2021 lalu, PT Cosmax Indonesia telah memperoleh COSMOS Certification oleh ECOCERT, menjadikan PT Cosmax Indonesia sebagai salah satu perusahaan maklon kosmetik natural dan organik yang tersertifikasi secara resmi di Indonesia.

Sertifikasi ini diberikan atas usaha perusahaan dalam memberikan jaminan untuk dapat memproduksi kosmetik organik dan natural yang berkualitas, sesuai dengan aturan resmi yang berlaku secara global.

Sertifikat ini menjadi tambahan untuk PT Cosmax Indonesia yang sebelumnya telah memperoleh sertifikasi EVE VEGAN, GMP, ISO, dan Sertifikat Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI).

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/08/141716820/belajar-dari-korea-mendorong-perkembangan-kosmetik-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke