Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makanan dan Minuman Ini Termasuk Kategori Tak Sehat, Apa Saja?

KOMPAS.com - Media Finnancial Times baru-baru ini menerbitkan laporan yang menyebutkan bahwa sekitar 60 persen produk makanan dan minuman perusahaan Nestle tidak sehat.

Adapun, produk-produk tersebut merupakan produk indulgent (memanjakan) seperti cokelat atau es krim. 

Tidak termasuk di dalamnya produk gizi bayi atau anak, gizi khusus, makanan hewan peliharaan, maupun produk kopi.

Produk-produk yang dianggap tidak sehat menurut Finnancial Times itu adalah produk dengan kandungan gula, garam, dan lemak, yang tinggi.

Nah, berkaca dari masalah produk yang tidak menyehatkan ini, kita sebagai konsumen juga harus lebih teliti dan waspada dalam membeli produk makanan dan minuman.

Dilansir dari laman Healthline, berikut ini terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang termasuk di dalam kategori tidak sehat.

1. Minuman manis

Gula tambahan adalah salah satu bahan tambahan terburuk dalam pola makan modern.

Beberapa sumber gula lebih buruk daripada yang lain dan minuman manis jelas berbahaya.

Ketika dikonsumsi dalam jumlah besar, gula dapat mendorong resistensi insulin dan sangat terkait dengan penyakit perlemakan hati non-alkohol.

Mengonsumsi minuman manis dalam jumlah besar juga dapat mendorong penambahan lemak dan obesitas, yang dapat memicu penyakit diabetes.

2. Sereal

Sereal merupakan produk olahan biji-bijian gandum utuh.  Sayangnya, sereal umumnya mengandung gula tambahan yang tinggi.

Bahkan, beberapa produk sereal yang dipasarkan untuk anak-anak sangat manis sehingga bisa disamakan dengan permen.

3. Makanan yang digoreng atau dipanggang

Menggoreng dan memanggang makanan adalah salah satu metode memasak yang tidak sehat. Walau rasanya lezat, tetapi makanan ini juga padat kalori.

Apalagi, beberapa jenis senyawa kimia yang tidak sehat bisa terbentuk ketika makanan dimasak di bawah panas tinggi, termasuk akrilamida, akrolein, amina heterosiklik, oksisterol, hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH), dan produk akhir glikasi lanjutan (AGEs).

Banyak bahan kimia yang terbentuk selama memasak dengan suhu tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker, serta penyakit jantung.

4. Kue kering dan biskuit

Kebanyakan kue kering dan biskuit tidak sehat jika dimakan berlebihan. Versi kemasan umumnya dibuat dengan gula rafinasi, tepung terigu olahan, dan lemak tambahan.

Terkadang, mentega putih atau shortening yang mengandung lemak trans yang tidak sehat ditambahkan dalam produk kue kering dan biskuit.

Camilan ini mungkin enak, tetapi hampir tidak memiliki nutrisi penting, banyak kalori, dan banyak bahan pengawet.

5. Keripik kentang

Kita mungkin mengenal kentang utuh sebagai makanan yang menyehatkan. Namun, itu tidak berlaku pada keripik kentang.

Makanan ini sangat tinggi kalori dan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi keripik kentang dapat menambah berat badan.

Keripik kentang juga mengandung sejumlah besar akrilamida, yang merupakan zat karsinogenik yang terbentuk saat kentang digoreng atau dipanggang.

6. Makanan cepat saji bebas gluten

Orang sering mengganti makanan sehat yang mengandung gluten dengan junk food olahan yang kebetulan bebas gluten.

Produk pengganti bebas gluten ini sering kali mengandung banyak gula dan biji-bijian olahan seperti tepung jagung atau tepung tapioka.

Sayangnya, bahan-bahan ini dapat memicu lonjakan gula darah yang cepat dan rendah nutrisi penting.

7. Yogurt rendah lemak

Yogurt bisa sangat sehat. Meski demikian, sebagian besar yogurt yang ditemukan di toko-toko ternyata tidak cukup baik bagi tubuh kita.

Namun, yogurt rendah lemak sarat dengan gula untuk mengimbangi rasa yang diberikan lemak. Sederhananya, sebagian besar yogurt telah diganti dengan bahan yang tidak sehat.

Selain itu, banyak produk yogurt tidak mengandung bakteri probiotik karena sering dipasteurisasi, jadi malah membunuh sebagian besar bakteri yang ada.

8. Es krim

Meski es krim adalah makanan yang enak dan digemari anak-anak, namun makanan ini sarat dengan gula.

Produk susu dalam es krim juga tinggi kalori. Jika kita memakannya sebagai makanan penutup, kita bisa menumpuknya di atas asupan kalori normal.

9. Makanan yang diproses

Cara paling sederhana untuk makan sehat dan menurunkan berat badan adalah dengan menghindari makanan olahan sebanyak mungkin.

Barang olahan sering dikemas dan diisi dengan garam atau gula berlebih. Bahkan, makanan seperti daging olahan juga tidak sehat dan rendah gizi.

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan daging olahan memiliki risiko lebih tinggi terkena banyak penyakit serius, termasuk kanker usus besar, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/10/081009720/makanan-dan-minuman-ini-termasuk-kategori-tak-sehat-apa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke