Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tulisan Tangan Einstein "E=mc2" Terjual 17 Miliar Rupiah

KOMPAS.com - Rumus kesetaraan energi "E=mc2" yang ditemukan Albert Einstein adalah salah satu persamaan paling terkenal di dunia.

Namun, melihat langsung tulisan tangan Einstein mengenai rumus ini, hampir tidak mungkin.

Menurut Institut Teknologi California serta Universitas Ibrani Yerusalem, hanya ada empat contoh tulisan tangan asli Einstein untuk persamaan tersebut.

Tiga dari contoh itu adalah hologram yang disimpan dengan aman di Universitas Ibrani Yerusalem. Lalu, untuk yang keempat baru saja dilelang seharga 1,2 juta dollar AS atau senilai 17 miliar rupiah oleh rumah lelang RR Auction yang berbasis di Boston.

Tulisan persamaan tersebut dimasukkan dalam sebuah surat tulisan tangan dalam bahasa Jerman oleh Einstein pada tahun 1946 kepada fisikawan Amerika Polandia Ludwik Silberstein.

Kemudian, Einstein melanjutkan persamaan, menghitung dua massa yang sama pada jarak tertentu (R) terpisah dan mengorbit pusat massa.

Walaupun terdengar rumit, Einstein merasa bahwa itu bukanlah soal yang terlalu sulit, dan ini dapat “dijawab dari rumus E=mc2 tanpa pengetahuan apa pun.”

Keluarganya baru-baru ini melelang tulisan tangan Einstein, dan berharap mendapatkan 400.000 dollar AS atau senilai 5,7 miliar rupiah.

Namun mereka mendapat tiga kali lipat dari nilai perkiraan, berkat perang penawaran yang melibatkan lima pihak berbeda.

RR Auction mengidentifikasi dokumen itu sebagai surat penting dari sudut pandang fisika, karena menunjukkan pemikiran Einstein tentang persoalan mendasar dari masalah fisik.

Surat yang pernah dianggap hilang itu, kini telah disimpan oleh kolektor dokumen anonim, dan untuk sementara akan disembunyikan, lalu semoga saja dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/13/171024520/tulisan-tangan-einstein-emc2-terjual-17-miliar-rupiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke