Salin Artikel

Perlukah Menggosok Lidah untuk Merawat Kesehatan Mulut?

KOMPAS.com - Meskipun kita termasuk orang yang rajin menyikat gigi, menggunakan benang gigi secara teratur, dan rutin mengunjungi dokter gigi, bukan berarti itu cukup untuk merawat kebersihan gigi dan mulut kita.

Kita mungkin saja melupakan satu perawatan yang dapat membantu menjaga mulut tetap segar dan sehat yakni, membersihkan lidah.

Lidah memang membantu kita dalam banyak hal seperti, berbicara, mengunyah, dan menelan. Namun, Tenika Patterson, RDH, seorang ahli kesehatan gigi mengingatkan kita bahwa lidah juga bisa menjadi sarang bakteri.

Sebagian besar bakteri tersebut adalah bakteri "jenis baik" yang menumbuhkan lingkungan yang sehat di mulut kita, sedangkan jenis lainnya dapat menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi dan infeksi gusi.

Jadi, membersihkan lidah penting untuk menjaga agar bakteri jahat, serta sisa-sisa makanan dan sel-sel mati yang menumpuk di sana tidak menyebabkan masalah pada mulut kita.

Cara membersihkan lidah

Untuk membersihkan lidah, kita bisa menyikat lidah dengan lembut dari belakang ke depan dengan sikat gigi dan pasta gigi.

“Tetapi tongue scraping atau mengerok lidah bisa lebih baik dalam menghilangkan plak dan bakteri dari permukaan lidah,” saran Patterson.

Penelitian menunjukkan bahwa tongue scraping dapat menghilangkan bakteri dan mengurangi bau mulut lebih dari sekedar menyikat.

Manfaat tongue scraping

Meskipun mungkin tidak terlalu penting, merawat lidah memiliki andil untuk menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Berikut ini adalah sejumlah manfaat dari mengerok lidah:

1. Peningkatan rasa

Ketika kita mengikis atau mengerok permukaan lidah, kita seolah-olah memulai dengan palet yang benar-benar segar. Kita akan merasakan rasa pedas, manis, asin yang lebih kuat.

2. Nafas lebih segar

Begitu banyak bakteri penyebab bau yang hidup di lidah kita. Bukan hanya gigi dan gusi yang perlu kita perhatikan untuk menghindari bau mulut, lidah pun menjadi salah satu penyebabnya. 

3. Peningkatan kesehatan secara keseluruhan

Menjaga kebersihan mulut kita sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Tongue scraping dapat menghilangkan bakteri berbahaya yang dapat membuat gusi bengkak, serta mencegah gigi berlubang.

Melengkapi rutinitas perawatan gigi dan mulut

Kita bisa menambahkan aktivitas tongue scraping sebagai rutinitas perawatan gigi dan mulut.

Mulai perawatan gigi dan mulut ini dengan menyikat gigi, menggunakan dental floss atau benang gigi, dan bilas seperti biasa.

Kemudian, julurkan lidah dan berikan tekanan ringan untuk menjalankan pengikisan atau pengerokan di seluruh permukaan lidah kita sekali atau dua kali, mulai dari bagian belakang lidah dan ke arah depan.

Bilas scraper dengan air hangat setelah setiap kali selesai digunakan, dan akhiri dengan membilasnya lagi dan kumur mulut kita dengan air.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/13/172945420/perlukah-menggosok-lidah-untuk-merawat-kesehatan-mulut

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.