Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mimpi Pasangan Selingkuh, Ini 4 Kemungkinan Artinya

Meski kita tahu mimpi bukanlah kenyataan, namun sering kali apa yang hadir di mimpi terasa begitu nyata.

Sebagian orang langsung mencurigai pasangannya karena mendapat mimpi tersebut, sementara sebagian lainnya memilih mengabaikannya.

Melansir Bustle, hampir satu dari empat orang di Amerika bermimpi tentang selingkuh.

Meski pengkhianatan terasa tak menyenangkan, namun mimpi pasnagan selingkuh sebetulnya tidak menunjukkan tanda-tanda jelas apapun. Apalagi jika di kehidupan nyata, tidak ada riwayat selingkuh yang dilakukan oleh pasangan kita.

"Mimpi bukanlah sebuah prediksi melainkan metafora dan simbol atas konflik atau kondisi yang sedang kita alami, pahami, dan selesaikan."

Demikian diungkapkan oleh pakar hubungan dan psikoterapis Dr Fran Walfish.

Dia menambahkan, bagaimana perasaan kita dalam mimpi sering kali adalah kunci yang menggambarkan perasaan kita di kehidupan nyata.

Ketika mimpi pasangan selingkuh, misalnya, penting untuk merenungkan dan mencoba mengidentifikasi sumber perasaan itu. Sebab, mengidentifikasi perasaan dapat mengungkapkan banyak hal tentang keadaan emosi kita.

Pada akhirnya, mungkin saja kita menemukan mimpi itu ternyata tidak ada hubungannya sama sekali dengan pasangan kita.

Beberapa kemungkinan arti mimpi pasangan selingkuh antara lain:

Pelatih ilmu tidur bersertifikasi, Chris Brantner menjelaskan, mimpi buruk dihipotesiskan sebagai bentuk pelepasan emosional.

Jadi, mimpi pasangan selingkuh kemungkinan berkaitan dengan ketakutan mendalam yang kita hadapi.

"Mungkin itu ketakutan nyata tentang kecurangan atau bentuk ketidakpercayaan yang lebih abstrak," ucapnya.

Masalah kepercayaan bisa datang dari berbagai bentuk. Jadi, ketika kepercayaan dalam hubungan bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, penting untuk memeriksa bagian lain dari hidup kita yang rentan terhadap masalah kepercayaan atau kejujuran.

"Bisa jadi itu juga berhubungan dengan kepercayaan terhadap diri kita sendiri," tambah Brantner.

Mimpi pasangan selingkuh mungkin hanyalah simbol untuk perjuangan atau stres lainnya yang kita alami di keseharian bersama pasangan.

Mimpi itu sendiri juga bisa menjadi cara bagi otak untuk menghadapi naik-turunnya emosi dan perubahan pada hubungan.

Menurut Brantner, beberapa ahli percaya bahwa mimpi bisa menjadi cara bagi otak untuk mempersiapkan momen sulit yang bakal kita hadapi di dunia nyata.

"Kita bisa menganggap mimpi sebagai terapi semalam," katanya.

Memerhatikan perasaan yang muncul ketika mendapatkan mimpi tersebut sangatlah penting. Namun, kita juga harus ingat bahwa itu bisa saja menunjukkan masalah yang terjadi di luar hubungan.

"Ketika mimpi pasangan selingkuh dan merasa dikhianati, terluka atau marah, kita perlu bertanya pada diri sendiri apakah di kehidupan saat ini kita sedang merasa dikhianati atau terluka," kata Walfish.

Cobalah menganalisa perasaan tersebut terhadap kehidupan nyata secara keseluruhan dan jangan terbatas pada hubungan dengan pasangan saja.

Mimpi pasangan selingkuuh juga bisa saja menunjukkan adanya situasi lain di dalam hidup yang membuat kita merasa dikhianati atau frustrasi.

Menurut konsultan kesehatan dan kesejahteraan, Caleb Backe, mimpi pasangan selingkuh bisa menjadi indikasi bahwa kepercayaan dalam hubungan kita memburuk," katanya.

Jika memang demikian, cobalah untuk memperbaiki cara berkomunikasi dengan pasangan sesegera mungkin alih-alih terus menundanya sehingga muncul permasalahan lainnya dan menimbulkan ketegangan dalam hubungan.

Misalnya, kita mungkin akan mulai stres dan khawatir tentang hal-hal yang sebenarnya tidak ada daripada menyelesaikan masalah yang sudah jelas terlihat dengan cara yang dewasa.

Alasan utama mengapa orang-orang berselingkuh di kehidupan nyata sering kali diperparah dengan kurangnya komunikasi. Jadi, anggaplah mimpi ini sebagai tanda untuk lebih terbuka dengan pasangan.

Backe menegaskan, komunikasi adalah fondasi paling penting dalam hubungan apapun.

"Jika mimpi dapat membantu mengidentifikasi masalah pribadi kita, cobalah berbicara dengan pasangan lebih sering dan sejujur mungkin untuk menjaga hubungan yang sehat," tuturnya.

Pada akhirnya, mimpi pasangan selingkuh tidak selalu berarti ada sesuatu yang meresahkan dalam hubungan.

Penting untuk tidak langsung mengambil kesimpulan atau menuding berdasarkan mimpi tersebut saja. Lebih baik, cobalah mengidentifikasi perasaan yang muncul dari mimpi tersebut.

Sebab, mungkin saja mimpi pasangan selingkuh mencerminkan rasa tidak aman yang kita rasakan di dunia nyata, tak hanya dalam hubungan tetapi bisa tentang kehidupan seecara keseluruhan.

Refleksi diri dapat membantu kita menemukan akar masalah dan pada akhirnya dapat membantu menyelesaikan masalah di kehidupan nyata alih-alih memperburuknya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/16/130600320/mimpi-pasangan-selingkuh-ini-4-kemungkinan-artinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke