Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Trik Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Rumah

KOMPAS.com - Aroma yang kita hirup di rumah tentu akan mempengaruhi kenyamanan. Sayangnya beberapa perlengkapan rumah bisa menjadi sumber bau tidak sedap.

Bau tidak sedap tersebut bisa bersumber dari tempat sampah, kulkas, atau pun sofa yang selama ini kita duduki.

Walau penggunaan reed difuser bisa membantu memberikan aroma harum di ruangan, tetapi menyingkirkan sumber bau jauh lebih diperlukan.

Melansir dari Real Simple, kita bisa mengatasi bau tidak sedap di rumah dengan mencoba beberapa trik di bawah ini:

1. Segarkan aroma kulkas dengan vanila

Stephanie Sisco, editor rubrik rumah di Real Simple memiliki trik yang terbukti benar untuk membuat lemari es kita menjadi lebih harum, yaitu menggunakan bola kapas yang dicelupkan ke dalam ekstrak vanila.

Caranya cukup mudah, yaitu kita perlu mengatasi kemungkinan penyebab baunya terlebih dahulu dengan memeriksa sayuran yang mungkin membusuk, atau adanya tumpahan saus di rak kulkas, lalu bersihkan.

Kemudian, rendam bola kapas ke dalam ekstrak vanila dan biarkan di piring kecil di  bagian belakang salah satu rak. Aroma vanila yang hangat akan meresap ke dalam lemari es. 

2. Menghilangkan bau sampah dapur

Tidak dapat dihindari tempat sampah dapur akan sedikit berbau tidak sedap dari waktu ke waktu karena banyak berisi sampah sisa sayuran atau makanan.

Ada beberapa tips untuk mengatasinya:

3. Beri tempat sampah aroma jeruk

Ingin trik cepat mengatasi tempat sampah yang mengeluarkan bau tidak sedap? Kita bisa menambahkan atau menggunakan kulit lemon atau jeruk untuk memberi kesegaran instan pada tempat sampah. 

4. Membiarkan charcoal menyegarkan semuanya

Pada tahun 2018, Melissa Maker, ahli kebersihan, salah satu pendiri Clean My Space, berbagi  trik untuk menghilangkan bau di tempat paling bau di sekitar rumah dengan filter charcoal atau arang aktif kecil.

Arang secara alami dapat menyerap bau dan kelembapan. Kita bisa meletakannya di berbagai tempat mulai dari tas olahraga, bak pasir kucing, hingga lemari.

5. Menyegarkan ruangan dengan merebus sesuatu

Trik lain adalah dengan merebus atau mendidihkan herbal yang aromatik, seperti seperti bumbu dan rempah-rempah, dalam panci berisi air. Kita bisa melakukan ini saat akan menerima tamu.

6. Menyegarkan tirai dan sofa yang berbau apek dengan vodka

Manfaatkan vodka untuk menyegarkan aroma tirai atau pun sofa kita yang berbau.

Caranya, tambahkan sedikit vodka murni ke botol semprot, lalu semprotkan di atas kain.

Vodka, pewangi dan desinfektan alami, akan menghilangkan bau tak sedap, sehingga sofa kita akan tetap wangi di antara sesi pembersihan yang lebih ekstensif.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/16/172758720/6-trik-menghilangkan-bau-tidak-sedap-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke