Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inspirasi 5 Kado Istimewa Hari Ayah Sesuai Hobi Favorit

KOMPAS.com - Father's Day atau Hari Ayah dirayakan untuk menghormati dan menghargai para laki-laki yang telah menjalankan peran ayah bagi anak dan keluarganya.

Dibandingkan ibu, ayah memang jarang mendapatkan perhatian khusus atas semua yang telah dilakukannya. Padahan tanggung jawab dan perannya tak kalah penting dalam menciptakan kondisi keluarga yang bahagia.

Karena itu, satu hari khusus disisihkan untuk mengapresiasi semua perhatian dan pengorbanan yang telah diberikan oleh sosok kepala keluarga ini.

Perayaan ini memang jarang dilakukan di Indonesia namun sudah umum dijalani di Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada. Biasanya memberikan kado menjadi salah satu cara paling populer untuk menunjukkan penghargaan tersebut.

Meski tergolong bukan kebiasaan yang awam, tak ada salahnya kita menyontek kebiasaan baik ini. Luangkan sedikit waktu untuk memilih kado terbaik yang bisa diberikan pada ayah kita sesuai dengan kesukaannya.

Berikut inspirasinya:

  • Berkebun

Banyak orang memulai hobi berkebun selama pandemi ini, termasuk ayah kita. Manfaatkan momen ini dengan memberikan kado berupa alat berkebun yang lebih modern dan praktis.

Bantuan alat ini akan memudahkan ayah kita melakukan aktivitas favoritnya dan tentunya membuatnya senang.

Beberapa yang bisa dipertimbangkan misalnya sensor otomatis yang bisa mengukur kelembaban tanah dan Replantable's Nanofarm yang memberikan cahaya sesuai kebutuhan tanaman.

  • Memasak

Banyak ayah menghabiskan lebih banyak waktu di rumah selama pandemi sehingga mulai berani mencoba belajar memasak. Hasilnya mungkin tidak selezat masakan ibu namun tentu ini sangat bisa diapresiasi.

Berikan kado Father's Day berupa perlengkapan memasak terbaru, oven atau buku masak karya koki terkenal favorit ayah kita. Bisa juga mengajari ayah memotret hasil masakannya untuk diunggah ke media sosial sebagai dokumentasi.

  • Batu akik

Beberapa tahun belakang, batu akik semakin digemari kaum adam baik sebagai perhiasan atau sekedar koleksi. Tak ada salahnya membelikan cincin batu untuk menambah koleksi ayah kita.

Tak selalu harus yang paling mahal dengan harga puluhan juta rupiah, belikan jenis batu alam yang belum pernah dimiliki. Opsi lainnya, berikan ayah perlengkapan membersihkan batu akik agar bisa dipakai setiap kali koleksinya terlihat kotor dan berdebu.

  • Bertukang

Ayah biasanya harus berurusan dengan berbagai perbaikan rumah sederhana mulai dari atap, dinding sampai listrik. Banyak pria yang memang menikmatinya dan menjadikannya hobi dengan mengeksplorasi aktivitas ini.

Inspirasi kado untuk ayah yang gemar bertukang misalnya power tool, table saw, atau berbagai mata bor yang belum dimiliki. Lebih baik lagi, ajak ayah ke toko alat pertukangan modern dan biarkan dia memilih produk yang disukainya.

  • Memelihara Burung

Para ayah juga identik dengan kebiasaan memelihara burung khususnya yang memiliki kicauan indah seperti Love Bird, Murai, dan Perkutut.

Hadiahi sangkar burung baru khusus untuk perayaan Father's Day ini agar membuatnya bahagia. Bisa juga membelikan buku panduan atau aplikasi premiun agar burung peliharaannya lebih sehat dan gacor dalam berkicau.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/20/151106820/inspirasi-5-kado-istimewa-hari-ayah-sesuai-hobi-favorit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke