Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arti Sering Mimpi tentang Hamil

KOMPAS.com - Sebagian orang menganggap mimpi hanyalah bunga tidur sehingga tak perlu dipikirkan, namun banyak juga orang yang meyakini bahwa ada makna tertentu dari mimpi.

Kebanyakan mimpi bukanlah simbol dari apa pun yang terjadi dalam kehidupan nyata kita. Dan itu hal yang baik, mengingat berapa banyak dari kita bermimpi tentang seluruh gigi tanggal atau muncul telanjang ke kantor.

Tapi mimpi yang realistis pun masih bisa menjadi hal yang sangat aneh pula. Contohnya,  bermimpi hamil. Mimpi mengenai ini bisa menjadi masalah besar, entah kita berharap untuk hamil atau mencoba agar tidak hamil.

Masalahnya, mimpi hamil bukanlah tanda pasti bahwa kita hamil. Meskipun itu bukan hal yang mustahil pada pasangan.

Nah, jika kita sering mengalami mimpi kehamilan semua terjadi karena suatu alasan.

1. Sangat berharap untuk segera hamil

"Bagi sebagian orang, mimpi kehamilan terkait dengan fakta bahwa orang tersebut banyak berpikir tentang memiliki bayi," kata Rafael Pelayo, MD, profesor klinis psikiatri dan ilmu perilaku di Stanford Center for Sleep Sciences and Medicine.

Tentu idak mengejutkan jika seseorang sangat ingin hamil, keinginan tersebut bisa terjadi di alam mimpinya. Namun, hal ini bisa membuat kita merasa putus asa atau sedih jika tidak terjadi di dunia nyata.

2. Takut hamil dalam waktu dekat

Skenario yang lebih membingungkan adalah ketika kita bermimpi bahwa kita mengandung seorang anak atau hasil dari tes kehamilan menunjukkan hasil positif, tetapi dalam keadaan 100 persen tidak siap untuk memikirkan bayi atau belum pernah punya anak.

Bisa juga kita takut hamil karena sudah memiliki anak dan tidak ingin menambah lagi. Dalam kasus ini, takut akan kehamilan atau kecemasan tentang hal itu akan berada di alam bawah sadar.

Jadi tidak heran jika kita dapat membayangkannya dalam tidur dan terasa lebih seperti mimpi buruk.

3. Sesuatu dalam hidup kita memicu ingatan akan kehamilan sebelumnya

"Mimpi-mimpi ini mungkin juga terkait dengan ingatan acak tentang kehamilan masa lalu kita sendiri atau orang lain," kata Pelayo.

Jika kita bermimpi tentang hamil dan sebelumnya pernah berada di beberapa titik tersebut dalam hidup kita, kemungkinan besar kita mengingatnya kembali.

Misalnya, ketika hamil kita mengalami morning sickness yang buruk selama kehamilan pertama. Jadi, setiap kali merasa sedikit mual di siang hari, tidak heran jika otak kita mengingat hal tersebut dan memberi kita mimpi tentang kehamilan.

Hal serupa dapat terjadi jika kita makan salah satu makanan yang pernah kita idamkan saat hamil. 

Singkatnya, mimpi hamil bisa saja pertanda dari alam bawah sadar bahwa kita siap untuk memiliki anak atau takut bahwa kita akan hamil secara tidak sengaja, atau bahkan itu hanyalah reaksi otak kita yang sedang menggali ingatan lama.

4. Metafora dari kehamilan 

Mimpi tentang hamil mungkin tentang jenis kelahiran yang berbeda, misalnya metafora untuk sebuah kreativitas.

Deirdre Barrett, PhD, seorang psikolog dan penulis The Committee of Sleep mengatakan bahwa mimpi kehamilan dapat mewakili kegembiraan kita yang sedang menggarap proyek kreatif di rumah atau di tempat kerja.

Kita "melahirkan" untuk proyek ini, dalam arti tertentu, bisa muncul dalam mimpi kita sebagai kehamilan atau bayi.

"Alih-alih hamil, kita juga mungkin bisa bermimpi tentang menyusui dan mimpi itu juga bisa berarti tentang 'memupuk' proyek atau tujuan baru," kata Barrett.

5. Kita merawat seseorang di kehidupan nyata dan itu menguras kita

Barrett mengatakan bahwa ujung negatif spektrum, kita bermimpi merawat bayi atau menyusui karena seseorang dalam hidup kita sedang "menghisap kita sampai kering,".

Hal ini berkaitan dengan apakah kita memiliki teman yang mengambil semua ruang emosional kita atau memanfaatkan kita dengan cara lain. Jenis mimpi ini menunjukkan bagaiman cara otak kita memproses situasi yang sedang dialami.

Kesimpulan

Mimpi adalah semacam jaring emosi dan potongan ingatan atau adegan yang telah direkam otak kita. 

Beberapa ahli tidur menduga bahwa mimpi adalah cara otak kita mengatur ulang ingatan dan emosi.

Kita mengumpulkan begitu banyak kenangan sepanjang hidup kita, kenangan yang sering dikaitkan dengan emosi, sehingga otak akhirnya harus memutuskan apa yang harus diingat dan apa yang harus dilupakan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/22/110035120/arti-sering-mimpi-tentang-hamil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke