Salin Artikel

Ciri-ciri Anjing Peliharaan Terlalu Banyak Berolahraga

KOMPAS.com - Mengajak anjing bermain dan berolahraga di luar rumah memang penting, tetapi kenali juga kapan anjing perlu beristirahat.

Jika anjing berolahraga secara berlebihan, maka hewan itu akan berisiko mengalami gangguan kesehatan.

"Anjing yang terlalu memaksakan diri dapat mengalami luka di bantalan kaki, nyeri otot, cedera sendi, hingga kelelahan akibat sengatan matahari."

Demikian dikatakan Jennifer Coates, DVM, dokter hewan dan anggota dewan penasihat di Pet Life Today.

Pada kasus yang parah, Coates mengatakan anjing yang kelelahan akibat olahraga berlebihan bisa terkena rhabdomyolysis atau kerusakan jaringan otot yang memicu rasa sakit dan kerusakan ginjal.

Apabila kita melihat lima tanda ini pada anjing peliharaan, segera hentikan rutinitas olahraga dan berikan hewan itu waktu untuk beristirahat.

1. Anjing bernapas terengah-engah

Joe Alcorn, MS, DVM, di Care Animal Hospital di California, AS menyebutkan, pertanda umum yang ditunjukkan anjing yang kelelahan adalah terengah-engah.

Jika anjing kesulitan bernapas, Alcorn merekomendasikan untuk membiarkan anjing memulihkan diri selama lima hingga 10 menit.

Setelah anjing bernapas kembali dengan normal, kita dapat memutuskan untuk melanjutkan olahraga atau membawa anjing pulang ke rumah.

2. Gerakan anjing melambat

Ketika gerakan anjing melambat saat mengejar bola atau mengikuti langkah kita, itu artinya anjing sudah lelah dan harus beristirahat atau berhenti berolahraga.

"Beberapa anjing memiliki keinginan yang samar untuk bangun dan pergi, jadi Anda harus memerhatikan tanda-tanda halus seperti ini," kata Coates.

3. Anjing tidak mau bergerak

Anjing yang hanya berbaring dan menolak untuk bangun adalah anjing yang terlalu banyak berolahraga.

"Anjing tidak akan bangun, tidak akan mengikuti Anda, dan hewan itu memberi tahu kita latihan ini terlalu berlebihan," ucap Alcorn.

Jika hal itu terjadi ketika kita sedang berolahraga dengan anjing di luar, gendong atau bawalah anjing pulang namun jangan memaksa anjing itu untuk berjalan sendiri.

4. Anjing berjalan pincang

Anjing yang berjalan pincang ketika berolahraga dan dibiarkan akan memperburuk cedera hewan tersebut.

Periksa kaki anjing yang pincang untuk menemukan adanya duri atau batu yang menjadi pemicu cedera anjing.

"Jika Anda tidak menemukan apa pun, berikan anjing istirahat selama seminggu atau lebih untuk melihat apakah cedera ringan itu dapat sembuh dengan sendirinya atau tidak," tutur Coates.

"Tapi jika kondisi pincangnya parah atau tidak membaik setelah seminggu lebih istirahat, temui dokter hewan."

5. Anjing kesulitan bergerak atau sakit

Anjing yang terlalu banyak berolahraga terkadang tidak segera memerlihatkan tanda-tanda cedera. Tetapi keesokan harinya, anjing bisa tampak kesulitan bergerak atau sakit.

Setelah istirahat beberapa hari biasanya kesehatannya sudah pulih.

"Namun anjing yang benar-benar kesulitan bergerak atau tidak mau makan harus diperiksa dokter hewan untuk mencegah kemungkinan cedera yang lebih parah," katanya.
 

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/23/130000120/ciri-ciri-anjing-peliharaan-terlalu-banyak-berolahraga

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.