Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memilih Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Usus

Karena peran usus sangat vital bagi tubuh, organ ini harus dirawat dengan baik.

Caranya? Yang paling sederhana adalah dengan menjaga pola makan dan berolahraga teratur.

Konsumsi suplemen tertentu juga diketahui dapat memberikan manfaat bagi usus. Namun pertanyaannya, suplemen apa yang aman dikonsumsi oleh tubuh?

Mary Albus, ahli diet berlisensi di perusahaan bubuk protein Gainful mengatakan, banyak suplemen menggunakan bahan-bahan yang sudah diakui aman dan baik untuk dikonsumsi individu yang sehat.

Hanya saja jenis suplemen yang bisa dikonsumsi setiap orang berbeda-beda.

"Beberapa suplemen kemungkinan mengandung alergen seperti whey, kedelai, dan gluten," cetus dia.

"Jika kita mempunyai alergi makanan, pastikan memeriksa label suplemen dengan hati-hati."

"Beberapa suplemen mengandung kafein, terkadang dalam dosis tinggi."

"Kebanyakan orang bisa menoleransi jumlah kafein yang aman, tetapi sebagian lain mungkin perlu menghindari kafein karena alasan tertentu," tambah Albus.

Ahli diet berlisensi lain di Gainful, Matt Mazzino mengingatkan pentingnya memeriksa kualitas suplemen dengan melakukan riset sebelum kita membeli suplemen tersebut.

"Carilah suplemen dari merek yang memiliki reputasi baik, karena ulasan dan umpan balik pelanggan akan menjelaskan kualitas suplemen itu," kata dia.

Mazzino melanjutkan, beberapa suplemen diuji oleh pihak ketiga, yang hanya menunjukkan perusahaan eksternal sudah memverifikasi bahan dan label nutrisi.

Selain itu, kita bisa mengunjungi situs perusahaan dan melihat apakah produk suplemen yang dibuat perusahaan itu, beserta bahan-bahan didalamnya sudah didukung penelitian ilmiah atau belum.

Hal yang paling penting, kita harus berkonsultasi ke dokter sebelum mulai mengonsumsi suplemen.

Suplemen terbaik untuk kesehatan usus

Mengonsumsi suplemen probiotik secara rutin dapat memberikan banyak manfaat. Demikian ditegaskan Ahli Saraf Illene Ruhoy, MD, PhD, yang juga pendiri Center for Healing Neurology.

Probiotik, kata dia, dapat membantu orang dengan masalah sembelit kronis, diare, kebiasaan makanan yang buruk, serta gangguan tidur.

Seluruh masalah kesehatan di atas dapat memicu peradangan pada mikrobioma usus, dan meningkatkan risiko kecemasan, perasaan sedih, bahkan kelelahan.

Konsumsi probiotik bisa membantu memulihkan keseimbangan bakteri usus yang baik, dan dapat mengurangi peradangan.

"Probiotik berkualitas tinggi harus mengandung strain hidup lactobacillus, bifidobacterium, dan bacillus," ungkap Ruhoy.

Suplemen lain yang bisa membantu mengurangi peradangan adalah suplemen minyak ikan yang menyediakan banyak DHA (sejenis asam lemak omega-3).

"Saya mengandalkan suplemen ini selama berminggu-minggu di mana asupan ikan saya tidak mencukupi, ketika saya mengonsumsi kurang dari 100 gram ikan," tambah dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/23/132705320/tips-memilih-suplemen-terbaik-untuk-kesehatan-usus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke