Salin Artikel

Lego Mulai Bikin Blok Berbahan Plastik Daur Ulang

KOMPAS.com - Di pertengahan September 2020, perusahaan mainan blok Lego berjanji untuk menciptakan produk yang ramah lingkungan.

Seperti dikutip dari pemberitaan Kompas.com pada 19 September 2020, perusahaan itu menyebutkan akan mengganti seluruh blok Lego berbahan plastik dengan bahan yang berkelanjutan pada 2030 mendatang.

Janji lain dari Lego adalah mengupayakan kemasan berkelanjutan pada akhir tahun 2025, dan semua operasi manufaktur bebas karbon di akhir tahun 2022.

Nah, janji itu coba dibuktikan oleh Lego dengan meluncurkan purwarupa blok yang terbuat dari plastik daur ulang.

Purwarupa blok Lego ini menggunakan bahan plastik polyethylene terephthalate (PET), yang diambil dari bahan daur ulang botol bekas.

Lego membutuhkan lebih banyak waktu dan pengembangan sebelum akhirnya purwarupa blok ini bisa diproduksi massal di masa mendatang.

Tahap pengujian berikutnya diperkirakan memakan waktu setidaknya satu tahun.

"Kami sangat gembira dengan terobosan ini," ungkap Tim Brooks, Vice President of Environmental Responsibility di Lego Group.

"Tantangan terbesar dalam upaya berkelanjutan kami adalah merancang kembali dan berinovasi dengan bahan baru yang tahan lama, kuat dan berkualitas tinggi seperti blok kami."

"Dengan purwarupa ini, kami dapat menunjukkan kemajuan proses kami," tambah dia.

Sebelumnya, di tahun 2018 perusahaan itu mulai membuat elemen seperti pohon, cabang, dan figur dari bahan bio-polyethylene yang terbuat dari tebu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/26/211404120/lego-mulai-bikin-blok-berbahan-plastik-daur-ulang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.