Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Jitu Tingkatkan Kualitas Hubungan dengan Pasangan

Namun, tidak bisa dipungkiri, kendala dalam menjalin hubungan yang lebih baik tentu saja terus bermunculan, karena kita akan selalu berkonflik satu sama lain.

Nah, untuk memiliki hubungan yang lebih baik dengan pasangan, ada beberapa cara yang perlu dilakukan.

Berikut empat cara meningkatkan kualitas hubungan yang lebih baik dengan pasangan, seperti yang dilansir dari laman Psychology Today.

1. Memiliki hubungan yang sehat dengan diri sendiri

Psikoterapis sering mengatakan, hubungan yang baik dimulai dengan hubungan yang kita miliki dengan diri kita sendiri.

Orang-orang yang merasa tidak aman dengan dirinya sendiri atau memiliki harga diri yang rendah akan susah payah mempertahankan hubungan yang kuat dengan orang lain.

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology menggabungkan teknik dari pengobatan gaya hidup dan psikologi positif.

Hal ini membantu kita meningkatkan hubungan yang sehat dengan diri sendiri.

Di sisi pengobatan gaya hidup, para peneliti merekomendasikan kita menghabiskan delapan jam per malam di tempat tidur tanpa gadget.

Mereka juga menyarankan agar kita meningkatkan konsumsi makanan nabati setiap hari dan melakukan olahraga sedang selama 30 menit atau berjalan 10.000 langkah per hari.

Di sisi psikologi positif, para peneliti merekomendasikan kita untuk memberikan pujian tulus kepada seseorang setiap hari.

Mereka juga menyarankan kita menghabiskan 15 menit sehari untuk merenungkan hal-hal yang berjalan dengan baik dan meluangkan waktu memaafkan orang yang telah menyakiti kita.

2. Menemukan tujuan bersama

Pandemi Covid-19 mungkin membuat banyak pasangan sulit untuk tetap terhubung.

Baru-baru ini, sebuah studi dilakukan oleh para peneliti di perusahaan pembinaan hubungan, Relish.

Mereka menemukan, pasangan yang sukses terhubung di masa pandemi ini lebih mungkin untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama, merencanakan masa depan, dan berfokus pada tujuan bersama.

Di sisi lain, pasangan yang kesulitan terhubung selama masa pandemi melaporkan kalau mereka tidak banyak melakukan hal bersama.

Mereka cenderung hanya berfokus pada anak-anak, menghabiskan banyak waktu sendirian, dan berhubungan dengan teman-teman lama sampai mengganggu tanggung jawab dalam keluarga.

3. Saling menghargai

Sebuah studi baru terhadap lebih dari 11.000 pasangan menemukan bahwa orang-orang yang berkomitmen pada hubungan dan menghargai pasangan memiliki hubungan jangka panjang yang sehat.

Komitmen dan penghargaan lebih penting untuk kualitas hubungan romantis daripada faktor-faktor lain seperti kepercayaan, dukungan, gairah, frekuensi seksual, dan kasih sayang.

4. Menghormati perbedaan

Setiap orang pastinya memiliki kepribadian yang berbeda-beda dan sebagai pasangan kita harus saling menghormati perbedaan itu.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Personality baru-baru ini menunjukkan betapa lebarnya kesenjangan kepribadian, setidaknya dalam hal gender.

Dengan menganalisis lebih dari 31.000 tes kepribadian, para peneliti menemukan, profil kepribadian seseorang dapat menunjukkan jenis kelaminnya sekitar 85 persen.

Para peneliti juga menemukan, wanita mendapat skor lebih tinggi pada dimensi kepribadian sensitivitas, kecemasan, ketakutan, kehangatan, kompleksitas, dan keterbukaan terhadap perubahan.

Sementara, pria mendapat skor lebih tinggi pada kepatuhan, stabilitas emosional, dan ketegasan.

Perbedaan terbesar adalah pada dimensi sensitivitas. Wanita secara konsisten lebih sensitif, estetis, sentimental, intuitif, dan berpikiran lembut.

Sedangkan pria lebih utilitarian, objektif, tidak sentimental, dan berpikiran keras.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/27/130000320/4-cara-jitu-tingkatkan-kualitas-hubungan-dengan-pasangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke