Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengupas Manfaat Olahraga, dari Kesehatan Fisik hingga Mental

Namun, perlu disadari bahwa olahraga memiliki segudang manfaat, mulai dari segi kesehatan fisik,  dan mental, termasuk sisi emosional.

Lebih jauh, mari kita lihat satu per satu, manfaat olahraga yang mungkin belum pernah kita sadari sebelumnya.

1. Manfaat kesehatan dari olahraga

Sangat mudah untuk fokus pada manfaat fisik dari olahraga seperti membangun kekuatan dan otot.

Tetapi, ada banyak manfaat kesehatan tambahan dari aktif berolahraga secara teratur.

Kualitas dan kuantitas tidur 

Jika kita sulit tidur atau bangun dengan perasaan lesu, menjadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas bisa menjadi solusi, untuk mengembalikan kebiasaan tidur.

Olahraga dapat meningkatkan suhu tubuh, yang memberi sinyal pada jam tubuh bahwa sudah waktunya untuk bangun.

Setelah sekitar 90 menit, termostat internal kita turun kembali ke kisaran alaminya, memicu kantuk untuk membantu kita tertidur.

Menjadi aktif secara fisik juga berarti kita telah mengeluarkan lebih banyak energi sepanjang hari, yang membantu kita merasa siap untuk beristirahat sebelum tidur.

Olahraga dapat menghasilkan keajaiban untuk menstabilkan suasana hati, dan mendekompresi pikiran, yang penting untuk transisi tidur secara alami.

Lebih energik dan waspada

Kita mungkin menganggap dengan berolahraga akan membuat kita merasa lelah, terutama ketika kita memang sudah lelah.

Tetapi, olahraga secara teratur justru sebenarnya dapat meningkatkan tingkat energi.

Jika kita memperhatikan, apabila kita bernapas lebih berat saat berolahraga, itu dikarenakan aktivitas fisik meningkatkan kebutuhan tubuh akan oksigen dan, seiring waktu, meningkatkan kapasitas paru-paru.

Ini berarti, lebih banyak oksigen bisa sampai ke otak, lalu membantu kita merasa lebih terjaga, waspada dan siap untuk pergi.

Olahraga juga membuat darah kita terpompa. Latihan berkeringat membantu sirkulasi darah kita lebih efisien, yang membawa lebih banyak oksigen ke otot, dan memainkan peran besar dalam meningkatkan produksi energi.

Kita juga tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di gym untuk mendapatkan manfaat dari olahraga.

Semua jenis kebugaran, mulai dari pelatihan intensitas tinggi (HIIT) dan latihan kekuatan di rumah, hingga jogging ringan pun dapat membantu menghilangkan perasaan letih.

Kita bisa mulai membuat kesepakatan dengan diri sendiri untuk bergerak hanya selama 10 menit.

Selanjutnya, kemungkinan besar begitu kita memulai, kita akan merasa jauh lebih baik daripada sebelumnya.

2. Manfaat fisik dari olahraga

Manfaat fisik dari olahraga sering kali berfokus pada perubahan komposisi tubuh, tetapi olahraga teratur juga dapat memberikan berbagai efek positif pada tubuh.

Kulit terlihat lebih cerah

Latihan aerobik seperti HIIT dapat meningkatkan aliran darah ke kulit, yang membantu memberinya nutrisi penting, hormon, dan oksigen.

Ini dapat memberikan kulit, terutama wajah kita cahaya yang sehat, dan tampilan yang lebih kenyal.

Peningkatan sirkulasi darah juga meningkatkan pergantian sel yang sehat, dan dapat membantu menghilangkan hal-hal yang tidak dibutuhkan kulit.

Misalnya, radikal bebas dan produk sampingan sel – dari sel-sel kulit.

Jadi, anggap saja ini sebagai bentuk untuk membersihkan kulit kita dari dalam.

Diketahui, latihan aerobik dapat membantu meningkatkan hormon kortisol "stres", dan juga mengurangi peradangan, yang keduanya dapat memicu kambuhnya jerawat.

Postur tubuh tegak

Kondisi membungkukkan bahu dengan duduk di kursi dan menatap layar komputer terlalu lama adalah kebiasaan tidak sehat yang sudah umum.

Terutama, jika kita duduk seharian di kantor, dan ini dapat menyebabkan masalah postur tubuh jika tidak ditangani.

Melakukan upaya sadar untuk duduk dan berdiri dengan keselarasan yang tepat tidak hanya membuat tulang belakang kita kuat dan sehat.

Tapi, kesadaran ini juga memainkan peran besar dalam meningkatkan aliran darah dan menopang otot, ligamen, dan tendon kita, serta membantu memperbaiki postur kita dari waktu ke waktu.

Hal ini tidaklah sulit untuk dilakukan, kita dapat melakukan latihan punggung berat badan untuk memperkuat otot punggung atas dan tengah.

Lalu kita bisa melepaskan dan memperpanjang otot di sekitar bahu sehingga tubuh secara alami menarik bahu ke belakang, bukan ke dalam.

Sebagai bonus, kita juga akan melihat postur yang lebih baik akan membantu kita mendapatkan hasil maksimal dari latihan.

Itu dikarenakan keselarasan kepala ke kaki yang tepat adalah dasar dari bentuk yang baik dan memungkinkan otot kita bekerja lebih efisien.

Ketika ini terjadi, tubuh kita akan lebih mudah mengatasi kelelahan. Ini berarti kita akan memiliki lebih banyak energi, menurunkan tekanan darah, dan kapasitas paru-paru yang lebih baik.

3. Manfaat mental dari olahraga

Berolahraga mungkin melelahkan secara fisik, tetapi sebenarnya itu membuat rileks secara mental.

Di saat kondisi ini mengenai otak dan dapat memainkan peran besar dalam bagaimana otak kita menghadapi tekanan dan stres.

Mengendalikan stres

Olahraga dapat membantu kita untuk mengelola dan memproses stres dengan lebih baik pada tingkat sehari-hari.

Saat kita berolahraga, norepinefrin, bahan kimia yang memoderasi respons otak terhadap stres dilepaskan.

Lalu, ketika detak jantung meningkat, sistem kita juga dibanjiri dengan tiga bahan kimia yang membuat kita merasa lebih baik, yaitu, endorfin, serotonin, dan dopamin.

Endorfin adalah obat penghilang rasa sakit alami, dan dapat menghasilkan perasaan euforia, yang dapat membuat kita tetap bersemangat lebih lama setelah olahraga selesai.

Aktivitas fisik juga dapat membantu mengekang hormon stres seperti kortisol dan adrenalin.

Hampir semua jenis olahraga atau latihan akan membantu, jadi pilihlah gaya latihan yang cocok untuk kita untuk mendapatkan hasil penghilang stres dari berolahraga rutin.

Kekuatan otak dan mempertajam ingatan 

Dengan setiap aktivitas olahraga tanpa peralatan yang kita selesaikan, tidak hanya melatih tubuh, tetapi juga merangsang otak.

Saat kita berolahraga, detak jantung meningkat. Ini mengirimkan darah ekstra ke otak, memberi sel-sel kita porsi ganda oksigen, nutrisi penting, dan protein bergizi.

Semua hal baik ini membuat sel-sel otak kita, yang juga dikenal sebagai neuron, bahagia dan sehat dan mendorong pertumbuhan neuron baru, yang penting untuk kesehatan otak yang baik.

Sebuah studi tahun 2017 di Western Sydney University di Australia menemukan, latihan aerobik dapat meningkatkan fungsi memori dan menjaga kesehatan otak seiring bertambahnya usia.

Mereka menemukan, latihan fisik secara teratur tidak hanya memperlambat penurunan ukuran otak, tetapi juga secara signifikan meningkatkan ukuran sisi kiri hipokampus, bagian otak yang bertanggung jawab untuk memori dan pembelajaran.

4. Manfaat emosional dari olahraga

Berkeringat dapat berdampak positif bagi kesehatan dan kesejahteraan kita dalam banyak hal.

Jadi, tidak mengherankan jika olahraga juga dapat memengaruhi perasaan kita tentang diri sendiri.

Merasa lebih bahagia

Penelitian yang tak terhitung jumlahnya telah menunjukkan, semua jenis olahraga, mulai dari berjalan kaki dan bersepeda hingga pilates dan HIIT dapat meringankan suasana hati, membuat kita merasa rileks, dan bahkan meredakan gejala depresi.

Sebuah studi yang diterbitkan di the Lancet pada tahun 2018 melihat data yang dikumpulkan dari lebih dari 1,2 juta penduduk AS, peneliti dari Inggris dan AS yang melakukan studi cross-sectional.

Lalu dari sana terungkap, mereka yang berolahraga secara teratur memiliki 42,3 persen lebih sedikit hari-hari dengan kesehatan mental yang buruk dalam sebulan terakhir, daripada mereka yang tidak berolahraga.

Kita juga tidak harus hanya fokus pada kardio untuk merasakan frekuensi tinggi ini.

Latihan kekuatan telah terbukti membantu mengurangi kecemasan dan depresi, dan aktivitas yang lebih santai seperti yoga pun memiliki manfaat tambahan untuk menenangkan pikiran kita.

Meningkatkan kepercayaan diri

Bukan rahasia lagi bahwa menyelesaikan tujuan atau tetap setia pada resolusi memberi kita dorongan kepercayaan diri yang besar.

Dengan mengetahui bahwa kita telah terikat pada sebuah rencana dan melihatnya, dapat membuat kita merasa berada di puncak dunia.

Melihat kemajuan dari resolusi pun bisa menjadi pendorong moral yang besar.

Dengan menetapkan tujuan kebugaran SMART (Spesifik, Mudah diukur, Akan tercapai, Relevan, dan Terikat waktu), serta melihatnya dapat dilalui, sangat memotivasi, dan akan membantu memberi kita dorongan untuk terus maju.

Lalu, saat kita menyempurnakan push-up pertama kita atau melakukan pukulan terbaik, kita akan tahu bahwa kita mampu melakukan apa pun yang kita pikirkan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/28/160424520/mengupas-manfaat-olahraga-dari-kesehatan-fisik-hingga-mental

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke