Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Pola Asuh Anak ala Kimbab Family

Mama Gina yang berasal dari Indonesia dan Appa Jay yang berasal dari Korea Selatan kerap membagikan aktivitas keseharian mereka bersama tiga anaknya, Yuji, Sunji, dan Jio melalui video-video di kanal YouTube mereka.

Pada WonderFan-Meet secara virtual yang digelar Sabtu (26/6/2021), Mama Gina dan Appa Jay membagikan sejumlah tips parenting Kimbab Family yang bisa dipraktikkan di rumah:

1. Mencontohkan anak makan sayur

Mengajak anak makan sayur adalah salah satu tugas tersulit bagi banyak orangtua.

Untuk itu, orangtua memerlukan cara kreatif agar anak mau makan sayur.

Namun, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memberi contoh. Bagaimana bikin anak mau makan sayur jika orangtuanya saja tidak makan?

Hal inilah yang dilakukan mama Gina agar anak-anaknya doyan sayur.

Namun selain itu, Mama Gina juga kerap memotong sayuran menjadi bentuk yang lucu-lucu supaya anak-anak lebih semangat dalam menyantapnya.

2. Berpelukan saat anak bertengkar

Pertengkaran kakak-adik adalah hal biasa dalam keluarga. Tapi, tak semua orangtua punya cara yang bijak dalam menyikapinya.

Pertengkaran yang terjadi terus-menerus tentu tidak baik, bukan.

Jika anak-anak bertengkar, biasanya Mama Gina dan Appa Jay mengajak mereka untuk berbicara dan membiasakan mereka untuk berbaikan. Salah satu caranya adalah dengan berpelukan.

3. Mengatur pemakaian gadget

Pemakaian gawai atau gadget oleh anak memang tak dapat dihindari di era digital seperti saat ini. Mama Gina dan Appa Jay juga menyadari itu.

Namun, keduanya tidak melarang anak-anak main gadget. Untuk mencegah anak bermain gadget terlalu lama, Mama Gina dan Appa Jay berkomitmen untuk membatasi durasi anak menggunakan gadget.

4. Pendekatan personal

Tak sedikit orang yang memarahi anaknya saat rewel. Bagi Mama Gina dan Appa Jay, menggunakan pendekatan berbeda adalah cara yang cukup ampuh dalam menghadapi anak yang rewel.

Mereka mencoba menyesuaikan pendekatan sesuai dengan karakter masing-masing anak.

5. Membebaskan anak bercita-cita

Mama Gina dan Appa Jay membebaskan Suji, Yunji, dan Jio untuk bercita-cita sesuai keinginannya. Namun, agar anak-anak mengenal apa yang diinginkan, Mama Gina dan Appa Jay membantu mereka mencari tahu apa yang disukai

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/29/084441620/5-tips-pola-asuh-anak-ala-kimbab-family

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke