Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pangeran Charles Tak Akan Hadiri Peresmian Patung Putri Diana

KOMPAS.com - Pangeran Charles dikabarkan tidak akan menghadiri acara peresmian patung Putri Diana yang digelar 1 Juli mendatang.

Kehadirannya dikhawatirkan akan mengungkit kembali luka masa lalu yang menyakitkan. Keduanya memang punya hubungan yang sulit dan rumit ketika masih berstatus suami istri.

Sumber yang dikutip laman Page Six mengatakan, pewaris takhta Inggris itu merasa sosok mantan istrinya itu berpotensi memunculkan kembali luka lama. Kenangan yang hadir juga sangat kompleks termasuk senang, sedih sekaligus penyesalan.

"Sejak kematian Diana, dia merasa lebih baik menyimpan kenangan itu untuk dirinya sendiri dan membiarkan putra-putranya untuk melakukan apapun itu," jelas sumber tersebut.

Pangeran Charles dan Putri Diana sempat menjadi pasangan paling populer di dunia di era 90-an. Sayangnya, hubungan keduanya memburuk, disinyalir karena kehadiran Camilla Parker Bowles, yang kini menjadi istri Charles.

Prince dan Princess of Wales kemudian bercerai pada tahun 1996. Setahun kemudian Diana tewas dalama kecelakaan lalu lintas di Paris.

Kate Middleton Juga Dikabarkan Tidak Hadir

Peresmian patung yang diadakan di Istana Kensington ini hanya akan dihadiri oleh Pangeran William, Pangeran Harry, kerabat dekat mendiang Putri Diana, pematung Ian Rank-Broadley, perancang taman Pip Morrison dan komite penyelenggara.

Jumlah undangan pembukaan telah dikurangi secara drastis karena aturan terkait COVID-19. Dalam perubahan itu, Kate Middleton disebutkan akan menjadi salah satu yang batal hadir.

Meski alasannya jelas, absennya Duchess of Cambridge disinyalir merupakan keputusan Pangeran William untuk menjauhkan istrinya dari drama keluarga.

Hal ini merujuk pada kehadiran Pangeran Harry dalam acara ini yang diduga bakal memicu konflik baru. Calon raja Inggris ini memang dikabarkan sudah lelah dengan sikap adiknya dan Meghan Markle yang membuat anggota keluarga kerajaan menjadi sorotan.

Ayah dari Lilibet Diana sendiri sudah tiba di Inggris dan sedang menjalani karantina mandiri di Frogmore Cottage. Ia datang sendirian sementara istrinya tetap berada di California bersama kedua anak mereka.

Kabar perseteruan kedua pangeran ini memang makin santer terdengar ketika mereka bersikeras untuk memberikan pidato terpisah saat acara penghormatan mendiang ibunya.

Sumber dari kerajaan mengatakan, sangat diragukan terjadi pertemuan hangat diantara dua pria ini. Pangeran Harry dianggap terlalu pemarah dan defensif sehingga tidak mungkin untuk meminta maaf atau mengakui kesalahan apapun.

Sedangkan Pangeran William telah melihat luka yang disebabkan saudaranya bergejolak di seluruh keluarga. Karena itu, ia tak ingin istrinya terlibat terlalu jauh dan mengalami dampaknya.

"William muak dengan drama dan Catherine tidak perlu terseret ke dalamnya," jelas sumber yang dikutip Fox News. 

Namun, Duke dan Duchess of Cambridge telah merencanakan kunjungan keluarga pribadi dengan anak-anak mereka untuk menikmati patung tersebut. Momen pribadi itu dianggap jauh lebih penting daripada pandangan maupun acara publik.

Sumber itu menambahkan, William bertekad drama Sussex tidak menutupi momen penting untuk mengenang ibunya yang sangat dirindukan dan membuatnya kehilangan fokus.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/29/111904020/pangeran-charles-tak-akan-hadiri-peresmian-patung-putri-diana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke