Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Fakta tentang Patung Putri Diana yang Baru Diresmikan

Adapun Istana Kensington merupakan salah satu tempat kesukaan mendiang ibu mereka di masa hidupnya.

Kakak-beradik yang hubungannya merenggang dalam beberapa tahun terakhir itu tampak santai ketika bersama-sama meresmikan patung tersebut.

Berikut sejumlah fakta tentang peresmian patung Putri Diana yang perlu kita ketahui:

1. Bertepatan ulang tahun ke-60 Diana

Diana Spencer lahir pada 1 Juli 1961. Sehari sebelum patung tersebut diresmikan seharusnya menjadi ulang tahun ke-60 Diana.

Adapun Diana meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil pada 31 Agustus 1997 di usia 36 tahun.

Pangeran William dan Harry berharap, patung tersebut dapat menjadi kenangan abadi bagi kehidupan dan peninggalan sang ibu.

"Hari ini, pada hari yang seharusnya menjadi ulang tahun ke-60 ibu kami, kami mengingat cinta, kekuatan, dan karakternya, kualitas yang membuatnya menjadi kekuatan untuk kebaikan di seluruh dunia, mengubah banyak kehidupan menjadi lebih baik."

"Setiap hari, kami masih beraharap dia masih bersama kami. Harapan kami, patung ini akan dilihat selamanya sebagai simbol kehidupan dan warisannya," ungkap mereka dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters.

2. Karya pematung Ian Rank-Broadley

Patung tersebut dibuat oleh Ian Rank-Broadley, pematung yang menuangkan potret Ratu Elizabeth II pada koin yang digunakan di Inggris dan negara persemakmuran.

Pada 2017, ia diminta oleh William dan Harry untuk membuatkan patung ibu mereka sebagai bentuk penghormatan.

Patung perunggu berwarna hijau kebiruan itu memperlihatkan Diana, dengan rambut cropped pendeknya, sedang dikelilingi oleh tiga orang anak.

Anak-anak tersebut mewakili universalitas dan dampak generasi terhadap karya-karya Diana.

"Diana, Princess of Wales, adalah ikon yang menyentuh kehidupan banyak orang di seluruh dunia. Merupakan suatu kehormatan untuk bekerja bersama Pangeran William dan Pangeran Harry untuk patung yang memperingati hidup ibu mereka."

"Kami ingin menangkap kehangatan dan kemanusiaannya sambil menunjukkan dampak ia miliki dari generasi ke generasi," kata Ian, seperti dilansir The Guardian.

Pada bagian bawah patung, tersemat tulisan nama Diana dan tanggal peresmian patung.

Sementara di depan patung ada batu paving yang diukir dengan ekstrak, terinspirasi oleh puisi The Measure Of A Man yang ditampilkan dalam upacara peringatan kematian Diana di 2007.

Patung ini dapat dilihat oleh publik selama jam buka Istana Kensington.

Selain William dan Harry, hadir pula saudara Diana, Earl Spencer, Lady Sarah McCorquodale, dan Lady Jane Fellowes, serta komite patung dan beberapa pihak lain yang terlibat dalam instalasi dan desain taman.

Pangeran Charles dan Ratu Elizabeth II, maupun istri Pangeran William, Kate Middleton tak hadir dalam acara tersebut.

4. Direncanakan sejak 2017

Pada 2017, tepat pada peringatan 20 tahun kematian Putri Diana, rencana pembuatan patung tersebut pertama kali diumumkan ke publik.

Rank-Broadley mengatakan, William dan Harry membantu memberikan foto-foto, kenangan, dan anekdot tentang ibu mereka setiap mengunjungi studionya secara teratur.

Ia mengatakan hal itu sebagai upaya kolaboratif untuk menghasilkan patung yang benar-benar merepresentasikan sosok Putri Diana.

Rank-Broadley mengatakan dirinya memberikan perhatian terbesar terhadap apa yang dikatakan dua pangeran tersebut.

Ia berharap, patung tersebut dapat memberikan rasa nyaman bagi William dan Harry.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/02/084721020/4-fakta-tentang-patung-putri-diana-yang-baru-diresmikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke