Salin Artikel

Kenali Kandungan Niacinamide dalam Produk Perawatan Kulit

KOMPAS.com - Barangkali kita sering mendengar kandungan niacinamide yang terdapat pada berbagai produk skincare.

Memang, niacinamide saat ini menjadi salah satu kandungan yang digemari pengguna produk perawatan kulit.

Sebenarnya, apa sih niacinamide itu? Bagaimana fungsi bahan ini pada produk perawatan kulit?

Niacinamide pada skincare

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3, vitamin yang larut dalam air dan antioksidan kuat yang dibutuhkan setiap orang untuk mendukung proses seluler.

"Vitamin ini tidak diproduksi secara alami oleh tubuh, sehingga Anda harus menggunakan produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus dengan niacinamide untuk merasakan manfaat bahan tersebut."

Demikian penuturan Tom Allison, wakil presiden senior dan kepala pemasaran profesional global di CeraVe.

Niacinamide umumnya terdapat pada produk yang dibuat untuk mengurangi garis halus dan kerutan, jerawat, eksim, perubahan warna, rosacea, pori-pori besar, kulit berminyak dan kerusakan akibat sinar matahari.

Erin Greer, direktur eksekutif pendidikan dan pelatihan di Alastin Skincare menjelaskan salah satu kekuatan dari bahan tersebut adalah memulihkan fungsi penghalang kelembapan kulit.

"Seiring bertambahnya usia, kita bisa kehilangan penghalang lipid yang membuat kulit bercahaya," jelasnya.

"Niacinamide menghasilkan ceramide yang membantu memulihkan penghalang itu, mengurangi dehidrasi pada kulit, dan membantu kulit terlihat lebih baik."

Sementara itu, dokter kulit Dhaval Bhanusali menyebut niacinamide adalah bahan dalam produk perawatan kulit yang bersifat menenangkan.

"Niacinamide adalah pilihan yang populer karena dapat ditoleransi dengan baik. Ini benar-benar bahan terbaik dan sering saya rekomendasikan," tutur dia.

Bermanfaat untuk segala jenis kulit

Niacinamide juga merupakan bahan yang mampu menangkal radikal bebas. Hal ini dijelaskan dokter kulit Kanchanapoomi Levin.

"Sebagai bahan serbaguna, niacinamide menetralkan radikal bebas dan memperlambat penuaan kulit melalui perbaikan dan peremajaan kulit," ucapnya.

"Bahan itu juga terbukti mengatur sekresi minyak dan pergantian sel kulit, niacinamide direkomendasikan untuk kulit kering, sensitif dan jenis kulit berminyak, atau yang rawan berjerawat."

Dokter kulit Janiene Luke, co-chair komite teknologi dan media Skin of Color Society menambahkan manfaat terkait niacinamide.

"Niacinamide cenderung melengkapi dan bekerja dengan baik ketika dilapisi beberapa bahan aktif lain yang menyusun rejimen perawatan kulit," kata Luke.

"Bahan ini biasanya dapat digunakan pada orang yang menggunakan retinoid, asam salisilat dan bahan pengelupas kimia lainnya, serta bahan-bahan yang menghidrasi seperti asam hialuronat."

Merawat kulit dengan produk berbahan niacinamide

"Kebanyakan orang dapat menoleransi niacinamide, tetapi saya sarankan untuk mencari niacinamide yang memiliki konsentrasi 2-10 persen," sambung Luke.

"Karena niacinamide dengan konsentrasi yang lebih tinggi terkadang dapat menyebabkan iritasi."

Tanggapan serupa dilontarkan Bhanusali.

"Pada pasien saya, saya melihat mereka merawat kulitnya dengan baik menggunakan niacinamide yang memiliki konsentrasi enam persen."

"Jika lebih tinggi dari itu, Anda harus mengecek terlebih dahulu dan pastikan kulit Anda menoleransi dengan baik," ujar Bhanusali.

Bahan niacinamide juga bisa ditemukan pada produk body lotion, kata Deanne Mraz Robinson, dokter kulit dan asisten profesor klinis dermatologi di Yale New Haven Hospital.

"Carilah niacinamide sebagai bahan dalam body lotion. Ini adalah bahan yang berguna untuk kulit kering dan gatal."

Namun, ia mengingatkan body lotion yang mengandung niacinamide tidak boleh digunakan bersamaan dengan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan vitamin C.

"Ketika dikombinasikan dengan vitamin C, niacinamide akan berubah menjadi niacin, yang dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi pada kulit sensitif," terangnya.

Menurut dokter kulit Ellen Marmur, niacinamide akan bekerja dalam waktu delapan hingga 12 minggu setelah digunakan secara teratur.

"Tetapi dalam beberapa kasus, Anda akan melihat peningkatan yang lebih cepat."

Kendati memiliki banyak manfaat, kita harus menghindari penggunaan niacinamide yang berlebihan karena bisa memicu alergi.

"Beberapa orang mengalami iritasi akibat konsentrasi niacinamide yang lebih tinggi, Anda bisa mendapatkan kerugian jika menggunakan produk yang baik secara berlebihan."

Begitu penjelasan Michelle Wong, PhD di blog Lab Muffin Beauty Science.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/02/141138120/kenali-kandungan-niacinamide-dalam-produk-perawatan-kulit

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.