Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Kita Bisa mengadopsi Anak Kucing?

KOMPAS.com - Anak kucing memang menggemaskan, tubuhnya yang mungil, wajahnya yang lucu, serta suara mengeong kecilnya, pasti membuat siapa pun ingin memilikinya.

Tetapi, ingatlah bahwa anak kucing tidak dapat sembarang langsung kita adopsi. Ketika anak kucing meninggalkan induknya terlalu cepat, dampak negatifnya bisa berlangsung seumur hidup.

Lalu, kapankah anak kucing dapat diadopsi?

Banyak makhluk hidup membutuhkan perawatan dan dukungan dari induknya di minggu-minggu awal kelahirannya, tidak terkecuali anak kucing.

Di sebagian besar tempat penampungan dan penyelamatan, anak kucing dapat diadopsi mulai usia 8 minggu.

Sedangkan kebanyakan peternak baru melepaskan anak kucing setelah bersama induknya setidaknya 12 minggu, bahkan hingga 14 minggu.

Memiliki waktu yang lebih lama dengan keluarga, terutama induknya, akan menguntungkan anak kucing, salah satunya dalam hal bersosialisasi. 

“Saat anak kucing tinggal bersama induknya dan teman-temannya, mereka belajar cara bermain dan cara berkomunikasi dengan kucing lain,” kata Bruce Kornreich, Ph.D., DVM, DACVIM, direktur Pusat Kesehatan Kucing di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Cornell, New York.

Dengan kata lain, beginilah cara anak kucing belajar menjadi kucing. Induk, misalnya, akan mengajari anak kucing perbedaan antara gigitan keras dan gigitan lunak.

“Jika anak kucing menggigit saudaranya, sering kali saudaranya akan mencicit atau mengeong, dan kemudian dia lari,” kata Marci L. Koski, Ph.D., pemilik Feline Behavior Solutions di Vancouver, Washington.

Cara itu membuat anak kucing mengetahui bahwa dia tidak bisa menggigit terlalu keras karena menyakitkan. Induk kucing juga akan bereaksi ketika anak-anaknya bermain terlalu kasar.

"Anak kucing belajar perilaku dari ibu mereka, seperti cara mengubur kotorannya, cara berburu mangsa, dan cara merawat dirinya sendiri," kata Koski.

Anak kucing disapih sepenuhnya pada usia 8 minggu, tetapi untuk dua minggu pertama, dia hanya minum susu ibunya, yang menyediakan antibodi untuk mencegahnya terkena infeksi, terutama dalam 24 jam pertama.

Ketika anak kucing berusia antara 3 minggu hingga 8 minggu, dia dapat mulai makan makanan kaleng dan kering, tetapi masih membutuhkan susu tambahan dari induknya.

Nah, ketika kita ingin mengadopsi anak kucing, kita juga perlu memperhitungkan penyapihan.

"Meskipun anak kucing dapat disapih sepenuhnya pada usia 8 minggu, ada manfaat besar dengan memberinya waktu hingga 12 minggu dengan induknya," kata Dr. Kornreich.

Perlu diketahui bahwa masa sosialisasi anak kucing berlangsung dari usia 9 minggu hinggu 16 minggu.

“Meskipun kucing makan makanan padat pada saat ini, dia masih terus belajar cara bermain dan berinteraksi dengan kucing dan orang lain secara tepat. Dia juga menjadi sedikit lebih eksploratif,” katanya.

Semua pelajaran dalam bermain dan perilaku kucing membuat anak kucing lebih percaya diri dan dapat menjadikan kucing yang lebih stabil dan ramah di kemudian hari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/04/122313620/kapan-kita-bisa-mengadopsi-anak-kucing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke