Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Kota Tujuan Kerja Jarak Jauh Terbaik di Dunia

Beberapa waktu lalu, kita bahkan diajak untuk bekerja dari Bali atau Work From Bali (WFH) sebagai bagian dari menghidupkan kembali pariwisata Bali.

Di tengah remote working yang semakin lumrah, ternyata ada 10 kota yang dianggap sebagai lokasi bekerja jarak jauh terbaik di dunia.

Melbourne, Australia disebut sebagai kota terbaik untuk kerja jarak jauh. Melansir CNBC, hasil ini didapatkan berdasarkan studi yang dilkukan oleh platform penyedia informasi perumahan online, Nestpick.

Di antara 10 kota yang memiliki skor tertinggi, hanya Melbourne yang hanya menawarkan "digital nomad". Ini adalah visa khusus atau dokumen setara yang memungkinkan pekerja jarak jauh, baik wiraswasta maupun pekerja kantoran di negara lainnya, untuk masuk dan bekerja di negara itu.

Studi Nestpick melibatkan 75 kota di dunia yang dipilih oleh platform tersebut berdasarkan lokasi yang sering disebut sebagai tujuan "paling layak huni".

Kota-kota tersebut kemudian dinilai dalam tiga kategori besar, yakni biaya dan infrastruktur, undang-undang dan kebebasan, serta kelayakan huni.

Dari segi biaya dan infrastruktur, misalnya, termasuk analisis harga dan ketersediaan ruang kantor di rumah yang sudah memadai.

Sebagai perbandingan, kasus Melbourne, rata-rata sewa apartemen per kamarnya adalah Rp 11,6 juta per bulan.

San Fransisco, Amerika Serikat, memiliki rata-rata biaya sewa ruang kantor rumahan paling tinggi, yakni Rp 29,8 juta per bulan, sementara Rio de Janeiro, Brasil memiliki rata-rata biaya biaya sewa ruang kantor rumahan paling rendah, yakni Rp 2 juta.

Selain dari faktor kelayakan huni, Nestpick juga mencatat persentase penduduk setiap kota yang sudah divaksinasi lengkap Covid-19 sebagai indikasi respon pemerintah terhadap krisis kesehatan yang sedang berlangsung.

Selain elemen struktural dan legislatif, Nestpick juga memerhatikan faktor lain yang membuat sebuah kota jadi tempat yang bagus untuk ditinggali, seperti akses ke acara budaya dan rekreasi, baik sebelum dan selama pandemi, serta cuaca umum dan tingkat udara, polusi suara dan cahaya.

Berikut 10 kota dengan skor tertinggi dan dianggap sebagai lokasi kerja jarak jauh terbaik di dunia:

  • Melbourne, Australia.
  • Dubai, Emirat Arab.
  • Sydney, Australia.
  • Tallinn, Estonia.
  • London, Inggris.
  • Tokyo, Jepang.
  • Singapura.
  • Glasgow, Skotlandia.
  • Montreal, Kanada.
  • Berlin, Jerman.

Bali masuk daftar

Bali, yang dikategorikan sebagai kota, ternyata juga masuk dalam daftar penuh survei ini dan menempati posisi ke-56. Di dalam situs Nestpick, tercantum bahwa rata-rata biaya sewa ruang kantor rumahan di sana adalah Rp 3,6 juta.

Meski tak masuk 50 besar, namun di regional Asia Tenggara, Bali hanya dikalahkan oleh Singapura yang berada di posisi ketujuh. Sementara kota di Asia Tenggara lainnya yang masuk daftar ini adalah Bangkok, Thailand, yang berada di posisi ke-59.

Secara umum, CEO Nestpick, Omer Kucukdere, mengatakan, pandemi Covid-19 telah mendorong banyak orang untuk menilai kembali prioritas pribadi mereka.

Situasi ini membuat orang-orang merasakan manfaat dari fleksibilitas kerja jarak jauh dan memunculkan pertanyaan: "apakah benar-benar mungkin bagi kita untuk bekerja dari mana saja?"

Kucukdere juga mencatat bahwa pandemi menyebabkan orang berpenghasilan tinggi meninggalkan kota-kota bisnis untuk tinggal di tempat-tempat yang menawarkan gaya hidup sehari-hari yang lebih baik, tetapi dengan kemampuan daya beli yang sama.

Nah, jika boleh berandai-andai, kota mana yang bakal jadi tujuan Anda untuk kerja jarak jauh?

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/06/090619820/10-kota-tujuan-kerja-jarak-jauh-terbaik-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke