Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wajib Cuci Tangan Setelah Menyentuh Benda-benda Ini!

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat kita harus lebih berhati-hati dalam memegang benda-benda dan segera mencuci tangan setelah menyentuhnya.

Sebab, mencuci tangan sangat penting untuk tetap menjaga kebersihan tangan dan membatasi perpindahan bakteri, virus, atau kuman lainnya.

Berbagai badan kesehatan pun telah merekomendasikan penggunaan sabun dan air bersih atau hand sanitizer berbasis alkohol untuk membersihkan tangan secara efektif.

Nah, berikut ini terdapat sejumlah daftar benda-benda yang biasanya ditempeli banyak bakteri dan virus, sehingga kita perlu segera mencuci tangan setelah menyentuhnya.

1. Uang tunai

Meski sebagian besar orang saat ini lebih sering menggunakan kartu debit atau pembayaran digital ketika berbelanja, tetapi beberapa tempat masih menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran.

Uang tunai pastinya menjadi salah satu benda yang memiliki banyak kuman, sehingga apabila kita menyentuhnya pastikan untuk mencuci tangan sesegera mungkin.

Para peneliti di New York City juga menemukan ratusan mikroorganisme seperti bakteri dan virus pada uang tunai.

Sementara itu, penelitian serupa telah menunjukkan beberapa uang tunai dan koin bahkan mengandung patogen seperti E. coli dan salmonella.

2. Pegangan tangan atau gagang pintu

Seorang dokter kulit di Columbia University Medical Center, Katy Burris, MD mengatakan bahwa mencuci tangan sangat penting untuk membatasi penyebaran bakteri dan virus.

"Salah satu waktu penting untuk mencuci tangan adalah setelah naik transportasi umum, di mana banyak orang terus-menerus menyentuh permukaan yang sama," terangnya.

"Ini mencakup semuanya, mulai dari pegangan tangan di eskalator, tiang di kereta, hingga gagang pintu kamar mandi," sambung dia.

3. Buku menu restoran

Restoran bisa menjadi tempat yang dipenuhi kuman, tetapi buku menu adalah pembawa bakteri dan virus yang terburuk.

Para peneliti dari University of Arizona menemukan bahwa buku menu di restoran memiliki 185.000 organisme bakteri karena begitu banyak orang yang menyentuhnya.

Oleh sebeb itu, setelah menyentuhnya kita harus segera mencuci tangan untuk menghindari penyebaran bakteri dan virus penyebab penyakit.

4. Semua benda di ruang dokter atau rumah sakit

Hampir semua benda di ruang dokter atau rumah sakit memiliki bakteri dan virus yang dibawa oleh orang-orang dari luar.

Faktanya, rata-rata ada 46.000 lebih banyak kuman di pena milik dokter daripada di kursi toilet.

Hal kotor lainnya yang harus dihindari adalah pegangan tangan pada kursi ruang tunggu dan gagang pintu di setiap ruang dokter maupun rumah sakit.

5. Layar sentuh gadget

Sekarang teknologi menggantikan beberapa benda yang dulu sering kita gunakan. Alhasil, kita bergantung pada gadget.

Sayangnya, hal ini dapat meningkatkan penyebaran kuman pada layar sentuh gadget, sehingga kita wajib mencuci tangan setelah menyentuhnya.

"Kuman ada di mana-mana dan beberapa benda seperti ponsel mungkin menyimpan lebih dari yang kita sadari," kata Dr Burris.

"Maka, setelah menggunakannya kita harus mencuci tangan dengan sabun dan air untuk mengurangi penularan patogen," lanjut dia.

6. Peralatan memasak dan spons pencuci piring

Bagi yang belum tahu, dapur merupakan lingkungan yang sarat akan kuman.

Di tempat ini kita akan membawa banyak bakteri dari makanan mentah, peralatan memasak, hingga spons pencuci piring.

Satu studi menemukan sebanyak 326 spesies bakteri berbeda hidup pada spons pencuci piring.

Dr Burris pun menganjurkan agar kita secara rutin mengganti spons dan selalu cuci tangan sebelum maupun sesudah memegang peralatan memasak.

7. Alat pompa sabun

Peneliti dari University of Arizona menemukan bahwa alat pompa pada dispenser sabun mengandung banyak kuman.

Saat kita menekan pompa, bakteri apa pun yang ingin kita bersihkan memiliki peluang yang sama untuk berpindah ke dispenser.

Peneliti utama Charles Gerba, PhD mengatakan bahwa menyentuh wadah sabun isi ulang sebenarnya dapat memindahkan lebih banyak bakteri ke tangan daripada jika kita memasukkan tangan ke dalam toilet.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/06/163247620/wajib-cuci-tangan-setelah-menyentuh-benda-benda-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke