Salin Artikel

Gadget Canggih Para Pelatih dan Pemain di Euro 2020

KOMPAS.com - Pada perhelatan Euro 2020, para pelatih dan pemain berlomba-lomba untuk menarik perhatian penonton melalui gadget atau perangkat teknologi canggih.

Perangkat teknologi yang dimaksud mencakup jam tangan yang dibekali teknologi untuk mengetahui tendangan penalti, hingga sarung tangan kiper yang berfungsi melemparkan bola lebih jauh.

Inilah gadget canggih yang dipamerkan pelatih dan pemain di Euro 2020.

1. Hublot Big Bang e UEFA EURO 2020

Arloji ini hanya dibuat Hublot dalam jumlah terbatas, 1.000 unit.

Big Bang e UEFA EURO 2020 akan menampilkan segala informasi seputar perhelatan tersebut, termasuk pergantian pemain, gol, dan pemain yang memeroleh kartu kuning atau kartu merah.

Ada juga opsi untuk melihat susunan pemain dan peringkat pemain, yang membantu arsitek The Three Lions mengambil keputusan saat ingin mengganti pemain dalam pertandingan.

Arloji ini bahkan akan menampilkan informasi berupa penalty alerts.

Jadi, jika timnas Inggris mendapat hadiah penalti, maka informasi itu akan ditampilkan di layar arloji yang dipakai Southgate.

2. Sarung tangan Adidas Predator Pro

Salah satu yang membantu meningkatkan performa Donnarumma di lapangan, apa lagi kalau bukan sarung tangan Adidas Predator Pro yang dikenakan di kedua tangannya.

Di pasaran, sarung tangan ini dibanderol seharga 100 pound atau lebih kurang Rp 2 juta.

Uniknya, Adidas Predator Pro dilengkapi 288 spike untuk memudahkan kiper meninju bola dengan lebih baik (membuang bola jauh ke depan).

Saat ini sarung tangan tersebut juga dikenakan oleh pemain muda Inggris Aaron Ramsdale, serta kiper Manchester United, David De Gea.

3. Kacamata hitam VisionUp

Kacamata itu dibekali tenaga baterai, dan memudahkan penjaga gawang untuk mengantisipasi bola yang mengarah kepada mereka.

Kacamata ini diciptakan oleh perusahaan asal Jepang, VisionUp dan dibanderol 350 pound atau setara Rp 7 juta.

4. Bra atau rompi olahraga

Momen itu terlihat saat Dovbyk melepas jersey untuk merayakan gol penentu kemenangan yang dibuatnya ke gawang Robin Olsen sebelum peluit panjang dibunyikan.

Bra olahraga itu adalah rompi rancangan perusahaan STATSports yang dilengkapi dengan GPS.

Perangkat rompi tersebut populer di dunia olahraga dan memudahkan pelatih untuk melacak performa pemain.

Rompi ini dapat mengukur berbagai informasi pada pemain, seperti jarak yang ditempuh, kecepatan, akselerasi, deselerasi dan detak jantung.

Data yang dikumpulkan bisa ditampilkan ke perangkat ponsel, tablet, atau jam tangan pintar untuk dianalisis lebih lanjut dan dipelajari oleh ofisial tim.

5. Kaus kaki TRUsox

Kaus kaki khusus ini menawarkan desain yang membantu atlet meminimalkan gerakan di sepatu saat mereka bergerak atau menendang bola.

Grip atau cengkeraman di bagian bawah kaus kaki akan mencegah pemain terpeleset atau tergelincir.

Beberapa pemain Italia terlihat memakai kaus kaki TRUsox, termasuk Ciro Immobile.


https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/06/164716420/gadget-canggih-para-pelatih-dan-pemain-di-euro-2020

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.