Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melamar Pekerjaan Bisa Lewat TikTok, Tertarik?

Namun, program yang disebut TikTok Resumes ini adalah program percontohan jangka pendek yang hanya akan berlangsung hingga 31 Juli 2021.

Melansir The Verge, ide program ini datang dari konten yang muncul secara organik di platform tersebut, seperti #CareerTok, dan inisiatif yang dibuat TikTok untuk mahasiswa dan pengguna yang lebih muda.

Ada lebih dari 30 perusahaan yang mendaftar untuk diikutsertakan pada uji coba yang berlangsung hingga 31 Juli ini. Artinya, pelamar kerja nantinya bisa menggunakan resume video untuk melamar pekerjaan ke perusahaan tersebut.

Untuk mencobanya, para pengguna perlu membuat resume video, mengunggahnya ke TikTok, kemudian mengirimkan videonya kepada perekrut melalui aplikasi.

Pengembangan konten, termasuk melalui TikTok, saat ini sudah banyak dilakukan oleh sejumlah perusahaan. Itulah mengapa pola rekrutmen ini dianggap sejalan dengan streategi mereka.

Alo Yoga, misalnya, mempekerjakan manajer media sosial melalui TikTok Resumes untuk ditugaskan pengembangan strategi TikTok bagi brand mereka dan bermitra dengan para influencer.

Perusahaan lainnya mencari host dan produser video yang akan menjangkau berbagai platform, seperti Detroit Pistons yang merekrut produser video atau Allrecipes yang merekrut on-camera host.

Perusahaan seperti Target, Chipotle, Sweetgreen, dan Great Chips juga menggunakan TikTok untuk menemukan karyawan pemula dan menengah untuk bekerja di toko dan gudang mereka, serta beberapa lowongan penuh waktu dan posisi korporat.

Lalu, ada pula Shopify yang merekrut senior insinyur data melalui uji coba ini.

Jika cukup kuat sebagai kandidat, kita juga bisa melamar sebagai WWE superstar.

Meskipun program ini hanya sementara, namun TikTok menunjukkan bahwa mereka memikirkan tentang latihan dan menerapkan ekosistem kreator konten profesional untuk semakin menancapkan pengaruhnya.

Tentu ini bakal jadi cara yang mudah untuk membantu perusahaan menemukan calon karyawan Gen Z dengan kemahiran membuat konten dan berpengaruh yang sedang mencari pekerjaan penuh waktu.

Tertarik mencoba melamar pekerjaan lewat TikTok Resumes? Program percontohan ini berlangsung selama 7-31 Juli 2021. Sayangnya, lowongan pekerjaan di TikTok Resumes hanya tersedia untuk area di Amerika Serikat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/08/064756420/melamar-pekerjaan-bisa-lewat-tiktok-tertarik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke