Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Salin Artikel

10 Tipe Teman yang Harus Kita Miliki dan Pertahankan

KOMPAS.com – Pertemanan adalah salah satu bagian terpenting demi mencapai kehidupan yang sehat dan bahagia. Sebagai makhluk sosial kita butuh teman.

Tapi, mencari teman yang baik itu sulit. Tidak jarang kita malah menemukan teman yang toksik dan wajib ditinggalkan.

Namun, jika kita menemukan sepuluh teman seperti di bawah ini, sebaiknya tetap kita pertahankan, Sebab, mereka adalah tipe teman yang dibutuhkan semua orang.

1. Teman yang lucu

Teman satu ini selalu bisa membuat kita tertawa, tidak peduli seburuk apa hari atau apa yang terjadi dalam hidup kita.

Mereka biasanya selalu gesit dan bisa membuat kita lupa mengapa kita hobi mengasihani diri. Hanya sesaat, tapi sangat bermanfaat.

Teman yang lucu mungkin tidak cocok sebagai tempat berbagi rahasia. Namun, saat kita butuh hiburan, dia adalah orang yang harus kita tuju. Jika diumpamakan, teman yang lucu mirip kopi di dunia persahabatan!

2. Teman “workout”

Meski diberi titel “teman workout,” bukan hanya olahrga yang dia kerjakan.

Dia adalah temanmu yang selalu siap mengajakmu ke luar rumah, seperti ke gym, menonton bioskop, atau melakukan aktivitas fisik. Intinya, menikmati aktivitas di luar rumah adalah bagian krusial dari persahabatan ini.

Misalnya, biasanya perempuan memiliki “teman berbelanja” tapi bisa juga ada “teman klub buku,” “teman kelas yoga,” dan masih banyak lagi. Sementara itu, lelaki bisa memiliki “teman pecinta mobil”, “teman bermain futsal,” dan lain-lain.

Ikatan dengan teman tipe ini bisa terjalin lewat hobi atau minat yang spesifik. Misalnya, karena pasangan tidak suka film horror, kita mencari “teman pecinta film horror” untuk menyalurkan rasa antusias kita.

3. Motivator

Pasti kita memiliki teman yang berhasil mewujudkan impian mereka dan mendorong kita untuk percaya diri bahwa kita bisa melakukannya.

Hal terbaik dari teman motivator ini adalah mereka tidak menggunakan rasa malu dan kesan meremehkan sebagai alat motivasi. Mereka benar-benar melihat potensi dalam setiap situasi dan dengan senang hati membantu kita melihat potensi dalam diri kita.

Teman motivator sangat penting untuk dimiliki dan bisa membuat pikiran kita terbuka untuk mendapat pengalaman baru.

4. Teman ‘malas’

Lawan dari motivator adalah tipe teman yang sering mengumumkan bahwa mereka telah memakan satu toples camilan sambil marathon menonton drama Korea.

Mereka merasa nyaman dengan kekacauan, baik kekacauan yang dia alami, atau kita alami. Jadi, mereka hadir untuk menemani kita bermalas-malasan di hari-hari tertentu.

Uniknya, sebenarnya teman “malas” ini tidak benar-benar malas, mereka memiliki pekerjaan, mampu membesarkan anak, dan melakukan semua hal yang bisa dilakukan teman kita yang lain.

Hanya saja, mereka lebih santai jika dibandingkan dengan orang lain. Karena itu, mereka seperti superhero!

5. Teman lama

Mungkin tidak perlu waktu yang sangat panjang agar bisa masuk ke dalam tipe ini. Namun, harus cukup lama agar tidak ada bagian hidupmu yang tidak diketahui orang ini.

Layaknya sebuah sofa lama, seorang teman lama adalah tempat kita berbaring, mengenang, atau terkadang hanya mengeluh tanpa harus menjelaskan latar belakang cerita kita terlebih dahulu selama berjam-jam.

Orang ini adalah saksi dari semua yang telah kita lalui, dan meskipun kini kita tidak tinggal di dekatnya lagi, mereka akan selalu ada di saat kita membutuhkannya.

6. Teman seniman

"Seni" bisa memiliki sejuta makna, tetapi kita akan langsung menyadari jika teman kita adalah salah satu dari orang-orang ini saat pertama kali melihatnya, terlepas seni apa yang mereka tekuni.

Nah, teman seniman inilah yang kemungkinan besar akan mendorong kita keluar dari zona nyaman. Dia melihat dunia melalui mata yang berbeda dari kebanyakan orang, dan mereka akan mendorong kita untuk melakukan hal yang sama.

Seniman mungkin akan memperkenalkan kita pada opera atau balet atau Van Gogh, atau mungkin hanya mendorong kita memakai baju dengan warna baru atau mencoba makanan eksotis.

Di sisi lain, para seniman ini akan mengeksplorasi kreativitas mereka dan menginspirasi kita untuk melakukannya juga.

7. Teman “jauh”

Dulu, mungkin dia adalah orang yang kita temui saat liburan atau pertukaran siswa. Bukan tidak mungkin kan jika kini kita menjadi teman dekat?

8. Teman menyebalkan

Meski terkadang tidak menginginkannya, dia pasti ada.

Ya, dia adalah orang yang namanya membuat kita meringis ketika kita melihatnya berkirim pesan, tetapi kita tetap membalasnya. Namun, dia tetap bermanfaat dalam hidup kita.

Teman kita yang membosankan biasanya sebenarnya berniat baik. Namun, sifatnya yang terlalu banyak mengeluh, menceritakan detail yang tidak penting, atau kadang-kadang menyombongkan diri, mengajari kita kesabaran dan membuat kita merasa menjadi teman yang baik.

9. Teman yang “gila”

Pasti kita memiliki teman seperti ini.

“Oh, dia memang gila” adalah respons yang akan kita lontarkan jika menyebut nama orang ini. Tetapi, teman kita yang satu ini membuat kita tergila-gila.

Mereka yang “gila” lebih berani, kejam, spontan, suka berpetualang, dan “unik” karena berbeda dari yang lain.

Mereka menginspirasi kita untuk mengambil risiko dan menjalaninya sesekali. Mereka juga mengingatkan kita bahwa hidup tidak harus menjadi urusan yang serius.
Teman yang gila membuat kita untuk memiliki passion dan menjalaninya.

10. BFF

Terakhir, sahabat kita. Satu-satunya teman yang paling kita sayangi dan membuat hidup tidak lengkap tanpa dirinya.

Bersyukurlah jika kini kamu memiliki semua teman dengan ciri di atas untuk menghilangkan tekanan batin kita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/14/124628820/10-tipe-teman-yang-harus-kita-miliki-dan-pertahankan

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke