Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Cara Anjing Menunjukkan Rasa Cintanya

KOMPAS.com - Anjing memang tidak dapat mengungkapkan cintanya melalui kata-kata, namun anjing memiliki banyak cara tak terduga untuk menunjukkan bahwa dia peduli.

Dari bahasa tubuh yang halus hingga perilaku penuh semangat, anjing mungkin saja menghujani kita dengan rasa sayang.

Berikut adalah beberapa cara anjing menunjukkan bahwa dia mencintai atau mempercayai seseorang.

1. Mengenali nama kita 

Tidak mengherankan jika hewan peliharaan dapat mengetahui namanya sendiri. Tetapi banyak anjing ternyata juga mengenali nama pemiliknya.

Jamie Richardson, dokter hewan dan kepala staf medis di Small Door Veterinary, mengatakan bahwa anjing sering merasa senang ketika nama orang kesayangannya disebutkan.

"Seiring waktu, anjing belajar mengenali nama manusia. Jika anjing mendengar nama orang yang dia cintai disebutkan, anjing akan senang membayangkan bahwa orang tersebut muncul," kata Richardson.

2. Membawakan barang-barang yang perlu "diperbaiki"

Michelle L. Szydlowski, instruktur anthrozoology di Beacon College di Leesburg, Florida, mengatakan bahwa beberapa anjing menunjukkan kepercayaan pada pemiliknya dengan membawa benda "rusak".

"Beberapa anjing akan menunjukkan kasih sayangnya kepada kita dan percaya pada kecerdasan kita dengan membawakan barang-barang yang perlu 'diperbaiki'," kata Szydlowski.

Misalnya, seekor anjing dapat membawakan pemiliknya binatang mati atau mainan rusak dan merengek kepada pemiliknya untuk "menyelesaikan masalah" tersebut.

3. Anjing menjaga saat kita makan

Anjing sering ingin melindungi orang yang dicintainya, bahkan jika tidak ada ancaman yang nyata. Beberapa anjing menunjukkannya dengan menjaga kita saat kita makan atau pun bersantai.

"Perilaku menjaga sering kali merupakan tanda bahwa anjing merasa bahwa kita adalah bagian dari kawanannya,"

"Anjing penjaga mungkin duduk di samping meja, membelakangi kita saat makan atau langsung berdiri di depan anjing lain jika kita duduk di dekatnya," kata Szydlowski.

Namun, Szydlowski memperingatkan bahwa sebagian besar pemilik akan mencegah jenis perilaku menjaga ini, karena dapat menyebabkan anjing menjadi terlalu teritorial.

4. Anjing menggiring kita 

Szydlowski mengatakan jika anjing kita mencoba mencegah anggota keluarga berkeliaran sendiri, dia mungkin menunjukkan perilaku menggiring.

"Menggembala adalah cara menunjukkan kasih sayang untuk kelompoknya. Misalnya, jika seseorang dalam keluarga keluar dari trotoar, beberapa anjing akan menggiring anggota yang tidak patuh itu kembali ke trotoar agar aman." 

Perilaku menggembalakan lebih sering terlihat pada ras anjing yang awalnya dikembangkan untuk mengendalikan ternak, seperti border collie dan anjing gembala Australia.

Sara Ochoa, dokter hewan dan konsultan veteriner untuk DogLab, mengatakan bahwa banyak  anjing menunjukkan bahwa dia mencintai pemiliknya dengan menggosok wajah mereka.

"Itu adalah cara umum untuk menunjukkan kasih sayang. Dengan menggosok wajahnya pada kita, anjing menandai kita sebagai miliknya," kata Ochoa.

Namun, jika anjing menggosokkan wajahnya pada banyak benda, mungkin ada baiknya mengkonsultasikan perilaku ini dengan dokter hewan tentang kemungkinan masalah kulit, seperti tungau atau infeksi pada anjing.

6. Anjing gelisah saat kita sakit

Apakah anjing peliharaan ketakutan jika kita berpura-pura mati atau berbaring untuk tidur siang? Jika demikian, berarti anjing sedang menunjukkan betapa dia peduli pada kita.

"Beberapa anjing akan menjilat kepala dan wajah kita dengan putus asa jika dia mengira kita tidak sadarkan diri atau tidak responsif," kata Szydlowski.

Karena perilaku hewan peliharaan semacam ini dapat membuat kita sulit untuk beristirahat, Szydlowski merekomendasikan untuk menjauhkan hewan peliharaan dari kamar tidur saat kita tidur.

7. Anjing menatap kita dalam-dalam

Rebecca Greenstein, dokter hewan dan penasihat medis untuk Rover, mengungkapkan bahwa tatapan mata yang lama oleh anjing adalah upaya untuk menjalin ikatan dengan kita.

"Sejak masih kecil, anjing terdorong untuk melakukan kontak mata dengan manusia, yang bisa menjadi penanda keterikatan," kata Greenstein.

8. Anjing dapat mengekspresikan kasih sayang melalui wajahnya

Greenstein menjelaskan bahwa anjing sebenarnya memiliki anatomi wajah khusus yang membuat dirinya lebih baik dalam berkomunikasi dengan teman manusianya.

"Anjing peliharaan dapat mengangkat alis bagian dalamnya jauh lebih dramatis daripada anjing liar, dan ekspresi simpatik ini menimbulkan perasaan peduli pada pemiliknya," kata Greenstein.

9. Anjing berbagi mainan dengan kita

Kita mungkin tidak tertarik dengan mainan anjing yang sudah compang-camping, tetapi perlu kita ketahui kesediaan dia untuk berbagi adalah tanda kasih sayang yang sejati.

"Jika anjing benar-benar mencintai kita, dia akan sering membawa mainan favoritnya kepada kita. Ini adalah cara dia berbagi barang dan menunjukkan bahwa dia peduli," kata Ochoa.

10. Anjing mengetahui apa yang sedang kita rasakan

Richardson mengatakan bahwa kebanyakan anjing merasakan emosi pemiliknya dan akan sering merespons jika dia merasakan ada sesuatu yang tidak beres.

"Anjing secara bawaan dapat merasakan ketika kita sedih atau apa pun. Dia akan menemukan cara untuk memeluk kita, menyandarkan kepalanya pada kita, atau umumnya menemukan cara untuk dekat dengan kita selama masa-masa ini," kata Richardson.

11. Anjing memeluk kita

Sama seperti manusia, anjing juga dapat meringkuk seperti memeluk untuk lebih dekat dengan orang lain.

Jadi jika hewan peliharaan ingin dipeluk, dia mungkin merasakan cinta dari kita.

"Sentuhan lembut ini meniru kasih sayang antara induk dengan anak anjing. Aktivitas fisik ini menginduksi pelepasan hormon perasaan baik, yaitu oksitosin," kata Greenstein.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/15/084135420/11-cara-anjing-menunjukkan-rasa-cintanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke