Salin Artikel

Daftar 10 Kota Paling Bikin Stres di Dunia, Jakarta Nomor Berapa?

KOMPAS.com - Semua orang berharap bisa hidup berbahagia dengan tinggal di kota yang nyaman dan aman. Sayangnya, banyak dari kita terjebak untuk tinggal di kota yang tidak menyenangkan dan cenderung menyebabkan stres bagi penduduknya.

Ada banyak faktor negatif pula yang membuat suatu kota menjadi tidak nyaman sehingga penduduknya cenderung tidak bahagia. 

Vaay, produsen minyak esensial dan suplemen CBD berbasis di Berlin, melakukan serangkaian survei untuk menentukan daftar kota di dunia yang paling membuat stres. Hasilnya dilaporkan dalam riset berjudul The Least and Most Stressful Cities Index 2021.

Para peneliti menilainya berdasarkan 15 indikator stres, termasuk keselamatan, tingkat pengangguran, cuaca, kesetaraan gender, dan akses kesehatan. 

Sebagai bagian dari indikator, Covid-19 Response Stress Impact juga dipertimbangkan menilik kondisi yang terjadi belakangan ini. 

Penilaikan dilakukan pada 500 kota besar di dunia sebelum mempersempitnya menjadi 100 kota teratas.

Hasilnya, Mumbai, India dinobatkan sebagai most stressful city in the world. Posisinya disusul oleh Lagos, Nigeria, dan Manila, ibukota Filipina sebagai kota dengan tingkat stres tinggi.

Sayangnya, ibukota kita tercinta Jakarta, juga masuk dalam 10 besar, tepatnya di posisi ke sembilan. Jadi tak heran jika banyak warga kota metropolitan ini yang mengeluhkan tekanan hidup yang dirasakan kala tinggal di sana.

Agaknya, segudang permasalah Jakarta seperti masalah kemacetan, polusi udara, pencemaran lingkungan hingga maraknya pemukiman kumuh menjadi sejumlah faktor yang menentukan posisinya ini.

Berikut adalah daftar 10 kota paling membuat stres di dunia menurut Vaay:

  1. Mumbai, India
  2. Lagos, Nigeria
  3. Manila, Philippines
  4. New Delhi, India
  5. Baghdad, Iraq
  6. Kabul, Afghanistan
  7. Moscow, Russia
  8. Karachi, Pakistan
  9. Jakarta, Indonesia
  10. Kiev, Ukraine

"Tujuan kami dengan penelitian ini adalah untuk menunjukkan apa yang dapat dicapai kota bagi warganya melalui tata kelola yang efektif, kebijakan lingkungan yang kuat, dan sistem kesejahteraan sosial yang memiliki sumber daya yang baik," kata salah satu pendiri Vaay, Finn Age Hänsel terkait hasil riset ini.

Menurutnya, riset ini tidak dilakukan untuk memilih kota mana yang lebih tertinggal dibandingkan lainnya. Fokusnya adalah menyoroti kota yang bisa menjadi contoh tentang apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduknya.

Kota Mana yang Paling Minim Stres?

Hasil penelitian ini juga merilis daftar kota yang paling tidak membuat stres di seluruh dunia. Reykjavik, Islandia, menempati posisi teratas sebagai kota paling minim stres, disusul Bern, Swiss, dan Helsinki, Finlandia.

Reykjavik juga menempati posisi teratas untuk kesetaraan gender dan polusi udara serta suara paling sediit.

Sedangkan sementara Doha, Qatar dinilai paling baik dari segi keselamatan dan keamanan, Oslo, ibukota Norwegia untuk akses kesehatan, dan Bern untuk stres keuangan paling sedikit.

Sedangkan Tokyo, Jepang dianggap memiliki respons terbaik yang menyebabkan sedikit stres akibat Covid-19 bagi warganya. Ditandai dengan penerapan kondisi darurat selama 17 hari beberapa waktu lalu dan pengadaan pusat vaksinasi massal yang dibuka pada bulan Mei.

Berikut ini adalah daftar 10 least stressful cities in the world alias kota yang nyaman untuk ditinggali, antara lain:

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/15/132904520/daftar-10-kota-paling-bikin-stres-di-dunia-jakarta-nomor-berapa

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.