Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali, Tanda-tanda Sudah Kecanduan Ponsel

KOMPAS.com – Apakah kamu sering merasa ponsel selalu bergetar tanda ada notifikasi pesan meski tidak ada satupun pesan yang masuk? Hati-hati, itu bisa jadi salah satu gejala kecanduan ponsel.

Ponsel memang salah satu benda yang tidak bisa lepas dari hidup manusia modern karena berbagai manfaatnya, mulai dari berkomunikasi, mencari informasi terkini, hingga hiburan, seperti menonton video di YouTube atau bermain game.

Namun, tanpa disadari kita menjadi tak bisa hidup tanpa ponsel alias sudah kecanduan. Ketahui apa saja tanda-tandanya:

1. Ponselmu, penyelamatmu

Saat menunggu rapat dimulai, alih-alih ngobrol dengan rekan kerja, yang kita lakukan hanyalah menatap layar ponsel dan melihat email tidak penting.

Cobalah untuk membatasi bermain ponsel dalam situasi yang canggung dan cobalah tingkatkan kepercayaan diri dengan berbincang bersama orang lain. Interaksi tatap muka tentu lebih memuaskan dibanding menjelajahi linimasa Twitter.

2. Ponsel selalu bersama kita

Kita memang tetap berusaha sopan untuk tidak menjawab berbagai pesan di Whatsapp saat menghadiri sebuah acara makan malam. Namun, tetap saja ponsel ada di saku atau di atas meja, agar selalu terlihat oleh kita.

Kecemasan saat berpisah dengan ponsel dapat menjadi tanda utama kita harus berpisah sementara. Jarak akan membuat kita makin terasa dekat lho.

3. Lupa waktu

Kita biasanya mengeluarkan ponsel hanya untuk melihat sesuatu dengan cepat. Namun tanpa disadari, kita sudah menghabiskan waktu satu setengah jam hanya untuk melihat linimasa Instagram.

Untuk mencegahnya, tetapkan waktu melihat ponsel jika kita mengetahui bahwa diri kita mudah terganggu. Mematikan notifikasi juga akan membuat kita lebih produktif.

4. Tak bisa hidup tanpa charger

Jika ponselmu tidak mampu bertahan lama, jangan salahkan umur baterai. Jika baterai sudah berkurang setengah di siang hari, mungkin kita menggunakan aplikasi pemakan baterai lebih lama dari yang kita duga.

Jadi, biarkan layar ponsel mati agar kita tidak terlalu memikirkan ponsel.

5. “Baterai lemah” membuatmu panik

Hanya karena baterai ponsel mencapai 20 persen, bukan berarti kita akan ditinggalkan dan kehilangan cara untuk menghubungi teman dan keluarga.

Tahan keinginan untuk selalu mencari charger atau menanyakan ke orang sekitar apakah kita bisa meminjam charger . Lebih baik, jadikan ini sebagai tanda kalau kita harus istirahat sejenak dari ponsel.

6. Selalu mengecek notifikasi

Ponsel kita memang tidak bergetar sama sekali. Namun, kita tetap mengeceknya setiap sepuluh menit sekali. Jika sudah begini, beristirahatlah sejenak.

7. Mengganggu saat menyetir

Meski sedang menyetir, kita memiliki kebiasaan untuk tetap melihat ponsel. Baik itu saat lampu merah atau saat jalanan macet.

Terkadang, saat kita menghabiskan lima detik saja untuk membalas sebuah pesan, mobil kita melaju jauh dari tujuan.

Hindari kebiasaan itu. Teman kita bisa menunggu jawaban kita. Jadi, pastikan sampai dulu di rumah dengan selamat untuk membalas semua pesan masuk.

8. Ponsel adalah hal pertama dan terakhir yang kita lihat

Orang-orang yang telah menikah biasanya membangunkan pasangan mereka setiap hari. Namun, ponsel melakukan hal yang sama dengan kita.

Layar cerah yang diberikan ponsel dapat membuat kita terjaga, meski kita telah menaruhnya di meja samping kasur.

9. Menjawab pesan membuat kita telat

Jujur saja, kita akan lebih cepat keluar dari kamar jika kita tidak memberi tahu teman kalau kita terlambat, dengan mengatakan, “Maaf ya, aku berangkat jam 5. Maaf banget.”

Akan lebih baik kita meninggalkan ponsel sementara saat kita bersiap-siap, lalu kirim pesan singkat sebelum berangkat.

10. Ponsel kita selalu berada di tangan, bukan saku

Kita selalu membawa ponsel di tangan, bukan di dalam tas atau saku. Alasannya, agar kita selalu terhubung.

Taruhlah ponsel, kecuali jika ada sesuatu yang penting, seperti mencari arah atau memberi tahu teman terkait kedatangan kita.

11. Membaca artikel ini di ponsel

Layar besar akan membuat kita lebih mudah membaca. Namun, membaca artikel di ponsel hanya memiliki dua makna: Kita berada di luar rumah dan harus mengisi waktu dengan menatap ponsel, atau kita berada di rumah, namun terlalu malas untuk membuka laptop.

Apapun itu, tetap saja artinya kita sangat ketergantungan pada ponsel.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/16/114109920/kenali-tanda-tanda-sudah-kecanduan-ponsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke