Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Insomnia Saat Jalani Isoman, Coba Lakukan Tips Ini

Padahal, seseorang yang sedang berjuang sembuh dari infeksi ini juga perlu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Kualitas tidur yang buruk alih-alih dapat menbantu meningkatkan kekebalan tubuh, justru malah dapat menurunkannya.

Jika Anda mengalaminya, tak perlu khawatir. Sebab, Anda tak sendirian.

"Ini sering dialami tidak hanya oleh pasien isoman (isolasi mandiri) di rumah, tapi yang di rumah sakit juga. Apalagi yang sendirian dan biasanya selalu ditemani."

Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro dalam Siaran Sehat Radio Kesehatan yang bertajuk "Sambut Idul Adha #DiRumahAja", Senin (19/7/2021).

Sering kali, lanjut Reisa, insomnia tersebut disebabkan oleh perasaan cemas, takut, dan was-was akan kondisi yang dihadapi sehingga pikiran terlalu terbebani dan pada akhirnya menjadi sulit tidur.

Ia menekankan pentingnya memiliki manajemen stres yang baik sehingga tak kondisi tak terlalu menjadi beban pikiran.

Beberapa saran yang diberikan Reisa antara lain:

  • Memperbanyak ibadah. Ibadah dan berdoa dapat membantu seseorang menenangkan diri. Dengan beribadah, kita dapat meminta perlindungan dari Tuhan agar diberi kesembuhan dari penyakit.
  • Menjaga komunikasi dengan keluarga dan teman-teman untuk mengurangi stres.
  • Mencari aktivitas positif yang menyenangkan sehingga kepala kita tak dipenuhi pikiran-pikiran negatif sepanjang waktu ketika menjalani isoman.

Namun, jika sulit tidur tersebut disebabkan karena kesulitan bernapas atau detak jantung yang cepat, Reisa menyarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis.

Sebab, itu bisa jadi merupakan "sinyal" tubuh yang kekurangan oksigen dan memerlukan penanganan segera.

"Jadi segera konsultasi dengan dokternya supaya mendapatkan solusi yang tepat atas kondisi masing-masing," kata perempuan yang bergelar Puteri Indonesia Lingkungan 2010 itu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/19/210052420/insomnia-saat-jalani-isoman-coba-lakukan-tips-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke