Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wally Funk, Nenek 82 Tahun yang Ikut Wisata Luar Angkasa Jeff Bezos

KOMPAS.com - Jezz Bezos tak sendirian saat menikmati perjalanan luar angkasa perdananya. Miliarder ini ditemanin beberapa orang termasuk Wally Funk, nenek berusia 82 tahun.

Wally menjadi orang tertua yang pernah ke luar angkasa ketika menjadi tamu kehormatan dalam uji coba pesawat New Shepard milik Bezos.

Wanita yang memiliki karier panjang sebagai penerbang itu akhirnya berhasil mewujudkan mimpinya mencapai luar angkasa.

Ia sudah menghabiskan enam dekade hidupnya untuk menjelajah langit. Wally pernah menjalani pelatihan astronot pada tahun 1960-an namun tidak lolos karena statusnya sebagai wanita.

Padahal, Wally berada di peringkat atas di kelasnya sebagai bagian dari Program Women in Space yang dijuluki “Merkurius 13”.

Meskipun program ini sempat dianggap inspiratif, tak ada anggotanya yang sukses berangkat ke luar angkasa.

Dengan latar belakangan ini, bisa dibilang Wally jauh lebih berpengalaman dibandingkan rekan perjalanan wisatanya seperti Jeff Bezos, Mark Bezos dan Oliver Daemen.

"Saya tidak menyangka akan pernah bisa berangkat ke luar angkasa," kata wanita yang tetap terlihat bugar di usia senjanya ini.

Sepanjang penerbangan, Funk terdengar berteriak dan berkata "wow". Setelah mendarat dan keluar dari pesawat Blue Origin, Wally merentangkan tangannya lebar-lebar, menyatakan kegembiraannya.

Tak terlihat ada ketakutan atas pengalamannya meskipun pesawat itu melaju dengan kecepatan hampir tiga kali kecepatan suara. Agaknya, ia benar-benar bahagia bisa mewujudkan mimpinya itu.

Roket yang ditumpangi terbang hingga Garis Karman, mencapai ketinggian di atas 100 kilometer di atas permukaan bumi.

Kapsul itu lalu kembali ke Bumi menggunakan parasut dalam perjalanan yang berlangsung sedikit lebih dari 10 menit.

Ia memiliki 19.600 jam terbang sepanjang kariernya sebagai pilot dan pernah mengajar 3.000 pilot muda lainnya.

Lahir di New Mexico pada 1939, Wally mengaku sudah menyukai penerbangan seumur hidupnya. Ia pertama kali mengambil kelas penerbangan di usia sembilan tahun.

Ketika kuliah, ia berhasil menyabet status sebagai the most outstanding pilot atas kemampuannya. Ketika berusia 21 tahun, ia menjadi sukarelawan program Women in Space di mana dia menjalani tes fisik dan mental yang ketat untuk menjadi astronot.

Tes yang dijalaninya termasuk air es yang dipompa ke telinga mereka untuk menginduksi vertigo dan ditempatkan di dalam tangki deprivasi sensorik.

Wally bahkan sempat tertidur di dalam tangki yang tidak nyaman itu, sebelum akhirnya dikeluarkan setelah 10 jam lamanya.

Secara keseluruhan, para wanita yang lulus pada putaran awal pengujian itu juga atau lebih baik daripada rekan-rekan astronot pria. Dari seluruh sukarelawan itu, Wally menjadi yang terbaik.

Sayangnya, pemerintah Amerika Serikat menutup program ini tepat sebelum keberangkatan. NASA baru menerbangkan wanita ke luar angka pada tahun 1983, sayangnya, astronot itu bukan Wally Funk.

Meski demikian, Wally telah dikenang sebagai wanita yang sukses mendobrak batasan gender, banyak yang berharap dia akan kembali menjadi contoh bagi wanita dan anak perempuan lainnya.

Meski gagal menjadi astronot, ia tetap menjadi penyelidik keselamatan udara wanita pertama untuk Dewan Keselamatan Transportasi Nasional. Wally juga menjadi instruktur penerbangan wanita pertama di pangkalan militer AS.

Di masa tuanya, ia berusaha menjaga mimpinya dengan membeli tiket program Virgin Galactic milik Richard Branson, miliarder yang juga mengembangkan bisnis wisata luar angkasa.

Nenek gaek ini mengeluarkan dana 200.000 dollar Amerika Serikat untuk membelinya pada 2010 lalu.

Namun, ia berkesampatan mencicipi perjanan angkasa dengan menjadi tamu kehormatan Bezos, pesaing Branson dalam bisnis yang sama.

"No one has waited longer," ujar pengusaha berkepala plontos ini lewat media sosialnya awal Juli lalu ketika memperkenalkan Wally Funk kepada dunia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/21/104000720/wally-funk-nenek-82-tahun-yang-ikut-wisata-luar-angkasa-jeff-bezos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke