Salin Artikel

Tips Beri Pujian Tanpa Bikin Anak Besar Kepala

KOMPAS.com – Pujian dan apresiasi adalah salah satu hal yang diperlukan bagi tumbuh kembang anak.

Dengan pujian, harga diri (self-esteem) anak akan tumbuh. Anak juga akan lebih percaya diri dan bahagia.

Namun, terkadang pujian bisa membuat anak besar kepala dan mengira dia bisa melakukan apa saja. Jika dibiarkan, dia bisa tumbuh menjadi sosok yang arogan.

Anak juga berpotensi menjadi mudah menyerah, dan hanya menghargai fisik saja jika dipuji berlebihan.

Lantas, bagaimana cara tepat memuji anak agar dia tidak besar kepala?

Psikolog klinis Dra. Ratih Ibrahim punya solusinya.

“Pujian harus realistis dong, Jadi gak lebay!” kata Ratih dalam webinar Peluncuran Buku Saku #Bunda Bangga yang diselenggarakan oleh Nestle Dancow Nutritods & Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPPA RI) pada Rabu (21/7/2021).

Menurut Ratih, selama orangtua memberi pujian yang realistis, obyektif, dan tidak mengada-ngada, anak tidak akan menjadi besar kepala.

Berikan pujian yang menekankan perilaku positif agar anak menjadi kuat. Misalnya, saat si kecil menggambar atau mewarnai sesuatu, katakan, “Wah, bagus ya paduan warna yang kamu pakai. Sangat cocok satu sama lain.”

Pujian ini jauh lebih baik daripada hanya sekadar mengatakan, “Wah, gambarmu bagus. Pintar sekali.”

Ratih juga mengatakan kita bisa menghindari pujian berlebihan saat anak melakukan hal yang kurang baik. Saat itu, kita berhak menasihatinya.

Lalu, pujilah dia saat melakukan hal lain yang layak kita puji. Dengan ini, anak akan paham kalau dia tidak selalu harus dipuji.

Namun, Ratih mengingatkan, bagaimanapun juga anak tetap harus dipuji, terlepas dari kekhawatiran kita yang mungkin tidak sengaja memberikan pujian berlebihan.

“Anak itu butuh banget dipuji. Alasannya ya karena anak itu masih belajar. Namanya orang belajar, gagalnya juga banyak,” ujar Ratih.

“Pujian ini membantu agar mereka jadi pede dan mau coba lagi. Itu sebabnya beri pujian. Jadi anak tuh senang. Kalau senang, dia akan mengulang lagi. Lama kelamaan anak bisa tumbuh menjadi anak yang pintar,” tambah dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/21/191354220/tips-beri-pujian-tanpa-bikin-anak-besar-kepala

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.