Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Cerdas Memaksimalkan Lorong Kecil Rumah

KOMPAS.com – Lorong kecil dan sempit tidak harus hanya tempat yang hambar dan kosong  menuju salah satu ruang di rumah kita.

Meski sering diabaikan, lorong memberikan kesempatan untuk kita memperkenalkan gaya, penyimpanan, atau fungsi ekstra antar kamar, bahkan jika luasnya termasuk sempit.

Ide dekorasi untuk lorong kecil ini akan membantu kita memberikan karakter tersendiri. Kita pun bisa mengubahnya menjadi ruang fungsional penuh gaya dengan tips berikut ini yang membuatnya tampak lebih besar dari yang sebenarnya.

1. Gunakan cermin untuk membuat lorong kecil terlihat lebih besar

Menambahkan cermin adalah cara mudah untuk membuat lorong kecil terasa lebih luas. Ini dikarenakan cermin memantulkan cahaya, dan ini bisa membuat ruang sempit atau gelap terasa lebih besar dan lebih terbuka.

Gantung satu cermin di ujung lorong pendek atau di sepanjang satu sisi lorong sempit untuk memperluas ruang secara visual.

2. Cerahkan lorong kecil dengan banyak pencahayaan

Sejajarkan lorong kecil dengan perlengkapan lampu bergaya yang menawarkan banyak kecerahan. 

Lalu, apabila ruang lantai terbatas, kita bisa memilih wall sconce atau jenis perlengkapan khusus yang dipasang di dinding yang dapat menambahkan pencahayaan umum dan aksen di rumah.

3. Jadikan lorong sebagai titik fokus

Lorong kecil adalah tempat yang sempurna untuk mencoba pilihan dekorasi yang berani.

Apabila areanya kecil dan tidak digunakan sebagai ruang tamu, wallpaper bermotif cerah atau warna cat yang dramatis tidak akan membuatnya terlihat berlebihan.

Untuk pembaruan yang tidak terlalu permanen, letakkan permadani warna-warni atau gantung karya seni berukuran besar untuk mengubah lorong kecil menjadi lorong penuh gaya.

4. Ubah lorong kecil menjadi pintu masuk fungsional

Jika pintu masuk kita hanya terdiri dari lorong kecil, gunakan beberapa trik desain untuk memaksimalkan ruang.

Kita bisa meningkatkan pengaturan dengan meja kecil yang menawarkan penyimpanan tersembunyi dan berfungsi sebagai tempat menyimpan kunci, dompet, dan lainnya.

5. Buat pusat pesan

Cara lain untuk memanfaatkan lorong rumah adalah dengan meletakkan papan tulis di sepanjang dinding agar kita atau pun anggota keluarga dapat menulis pesan.

6.  Pilih furnitur yang hemat ruang

Jika ingin meletakkan furnitur ke dalam lorong kecil, cobalah untuk meletakkan meja konsol yang kecil. Lalu, pertahankan aksen yang sederhana, dengan menambahkan vas agar tidak terasa terlalu sesak.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/23/082711520/6-cara-cerdas-memaksimalkan-lorong-kecil-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke