Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Olimpiade Tokyo 2020 Digelar di Era Pandemi, Seperti Apa Protokolnya?

KOMPAS.com - Olimpiade Tokyo 2020 akhirnya digelar setelah sempat tertunda karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Untuk memastikan keamanannya, penyelenggara menetapkan sejumlah aturan baru yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Pandemi membuat sejumlah jadwal turnamen olahraga dunia berantakan termasuk acara empat tahunan ini. Setelah keadaan dianggap lebih membaik, dengan adanya vaksin, sejumlah event dunia mulai kembali dijalankan.

Olimpiade Tokyo yang dijadwalkan digelar Maret 2020 lalu akhirnya tertunda hampir setahun dan baru dimulai Jumat (23/07/2021) waktu setempat.

Meski demikian, banyak pro kontra atas gelaran acara ini khususnya karena Jepang masih dalam status darurat kesehatan karena lonjakan kasus positif Covid-19 di Tokyo.

Penyelenggara sendiri telah merilis tujuh pedoman protokol kesehatan untuk tiap kelompok yang terlibat seperti kontingen atlet dan media yang meliput. Panduan ini terdiri 70 halaman yang berisikan aturan yang harus dipatuhi oleh semua orang yang ada di lokasi pertandingan.

Namun, ada lima prinsip utama protokol kesehatan Olimpiade Tokyo 2020 untuk mencegah penyebaran virus. Apa saja?

  • Penggemar dan anggota keluarga non-Jepang tidak diizinkan masuk ke venue pertandingan

Salah satu aturan utama yang ditetapkan adalah penonton atau penggemar olahraga tidak diizinkan masuk ke lokasi pertandingan. Hal yang sama juga berlaku untuk anggota keluarga atlet yang tidak berasal dari Jepang.

Hal ini dilakukan untuk membatasi akses ke lokasi kompetisi dan mencegah kerumunan. Tujuannya agar hanya orang-orang yang benar-benar berkepentingan, dengan alasan operasional, yang bisa masuk ke venue.

  • Protokol kesehatan standar Covid-19 tetap diberlakukan

Semua orang yang terlibat dalam penyelenggaran Olimpiade Tokyo 2020 tetap wajib menjalankan protokol kesehatan standar Covid-19. Bukan hanya di dalam venue, hal ini juga wajib dilakukan di luar lokasi pertandingan.

Protokol tersebut termasuk mengenakan masker, rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, dan menjaga jarak terutama saat makan. Selain itu, diwajibkan pula untuk membatasi kontak fisik dengan orang lain dan menghindari ruang tertutup serta kerumunan.

  • Testing dan screening ketat secara berkala

Atlet dan anggota kontingen olimpiade, sudah divaksinasi atau belum, harus menjalani tes Covid-19 yang ketat dan dilakukan secara berkala.

Para atlet harus menjalani tes saliva harian sebagai mitigasi, dilarang jajan makanan di luar yang telah disediakan dan rutin menjalani tes kesehatan dari tim dokter.

  • Atlet yang terbukti positif diminta mengundurkan diri

Atlet yang berlaga di olimpiade yang terbukti positif Covid-19 harus kehilangan kesempatan untuk bertanding dan mendapatkan medali, tanpa terkecuali.

Jika hasil tes positif di tengah kompetisi, para atlet akan diminta untuk mengundurkan diri. Apabila seorang petinju dinyatakan positif Covid-19 sebelum perebutan medali emas, ia akan diberikan medali perak secara default.

  • Ragam detail aturan kesehatan yang ketat

Penyelenggara memberikan aturan yang sangat detail dan ketat untuk berbagai aktivitas lainnya selama olimpiade. Misalnya saja, atlet tidak boleh menggunakan transportasi umum, harus memakai sendiri medalinya ketika penganugerahan, dan dilarang meninggalkan akomodasi tanpa alasan jelas.

Selain itu, wawancara juga dibatasi maksimal 90 detik dan sorakan amat dilarang dilakukan selama pertandingan berlangsung.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/24/130650520/olimpiade-tokyo-2020-digelar-di-era-pandemi-seperti-apa-protokolnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke