Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sabun Batang, Body Wash, dan Shower Gel, Mana Lebih Baik?

Entah itu berbentuk sabun batang, shower gel, atau body wash. Yang penting, wangi dan (terasa) bersih.

Padahal, bisa saja sabun yang kita pakai tidak cocok dengan kulit.

Faktanya, sabun batang, body wash, dan shower gel memiliki fungsi berbeda, bergantung dengan jenis kulit dan tempat kita tinggal.

Nah, untuk menemukan perbedaan dan tipe sabun yang cocok untuk setiap tipe kulit, Dermatolog bersertifikat, yang juga dermatolog untuk Head and Shoulders, Ilyse Lefkowicz, MD memberi penjelasannya.

Sabun batang dan body wash, apa bedanya?

Menurut Dr. Lefkowicz, perbedaan utama antara sabun batang dan body wash adalah bentuk dan bagaimana produk tersebut berinteraksi dengan kulit.

"Baik sabun batang dan sabun cair mampu membersihkan tubuh."

"Namun, beberapa sabun batang biasanya lebih kuat dibanding body wash dan dapat menghilangkan protein dan lipid penting, atau mengubah tingkat pH kulit, yang dapat menyebabkan iritasi,” kata dia.

Bagi orang yang memiliki kulit normal atau kering, atau mereka yang mencari sabun dengan formula lebih lembut, Dr. Lefkowicz mengatakan, body wash adalah opsi terbaik.

Namun bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, tinggal di daerah lembap dan panas, atau mereka yang butuh deep wash- setelah berolahraga, misalnya, Lefkowicz merekomendasikan sabun batang.

Dr. Lefkowicz juga mengungkapkan, sabun cair sedikit lebih higienis dibanding sabun bar.

Sebab, bakteri dapat hidup di sabun batangan dan tetap bertahan di dalamnya hingga sabun habis terpakai.

"Untuk menghindari penumpukan bakteri, selalu bilas sabun setelah digunakan dan biarkan hingga benar-benar kering," ujar Dr. Lefkowicz.

"Dengan body wash, lebih mudah untuk menghindari penumpukan bakteri karena tidak menyentuh kulit saat berada di dalam botol," tambahnya.

Apa persamaan antara shower gel dan body wash?

Kedua sabun ini serupa, namun tidak sama. Keduanya merupakan sabun cair yang biasanya dibuat dari femollient untuk melembutkan kulit dan surfaktan ringan yang menghasilkan banyak busa.

Perbedaan utamanya terletak pada konsistensi dan konsentrasi bahan-bahannya.

“Shower gel memiliki konsistensi seperti gel yang lebih pekat, dan biasanya memiliki konsentrasi wewangian yang lebih tinggi,” kata Dr. Lefkowicz.

“Body wash biasanya lebih melembutkan dan menghidrasi, membuatnya lebih bermanfaat digunakan di kondisi cuaca yang dingin dan keras untuk menghindari pegelupasan kelembaban kulit," tambah dia.

Dr. Lefkowicz berpendapat, shower gel adalah opsi terbaik bagi mereka yang tinggal di area dengan iklim yang lembap dan panas atau memiliki kulit berminyak.

Shower gel kurang melembapkan jika dibanding body wash. "Jadi, lebih cocok bagi mereka yang tinggal di iklim yang lebih hangat atau untuk orang dengan kulit berminyak,” kata dia.

Bahan apakah yang harus dihindari?

Menurut Dr. Lefkowicz, sebaiknya semua orang menghindari paraben dan ftalat, apalagi jika kita pernah mengalami reaksi negatif sebelumnya.

"Untuk orang dengan kulit sensitif, saya menyarankan untuk memerhatikan produk yang memiliki wewangian atau pewarna."

"Pasalnya, produk ini bisa menyebabkan iritasi pada beberapa orang," kata dia.

Selain itu, Lefkowicz meminta agar orang-orang menghindari microbeads dalam sabun exfoliating. Sebab, mereka berpotensi berbahaya bagi lingkungan.

"Lalu, untuk orang yang ingin menghindari penggunaan plastik secara total, sabun batangan biasanya memiliki kemasan yang lebih kecil dibanding body wash," tambah dia.

Di sisi lain, Dr. Lefkowicz mengatakan, kita harus mencari bahan yang melembapkan, bukan hanya menghidrasi.

"Jika menggunakan body wash, sebaiknya menggunakan produk yang membantu kulit membaik dari waktu ke waktu tanpa menyakitinya," kata dia.

"Body wash yang mengandung keramik, asam hialuronat, dan petrolatum cenderung bekerja dengan baik," tambah dia.

Haruskah mengganti sabun seiring bertambahnya umur?

Meskipun sabun batangan cocok-cocok saja untuk digunakan konsumen usia muda, Dr. Lefkowicz menyarankan agar kita beralih ke body wash yang lebih melembapkan kulit saat bertambah tua.

"Carilah body wash yang lembut dan melembapkan serta dapat memelihara kesehatan kulit dari waktu ke waktu."

"Sebab, body wash dapat membuat kulit kita tetap halus, lembut dan sehat lebih lama,” ujar dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/27/171637820/sabun-batang-body-wash-dan-shower-gel-mana-lebih-baik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke