Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Hepatitis Sedunia 2021, 4 Hal yang Perlu Kita Ketahui

Apa saja yang perlu kita ketahui tentang peringatan ini?

1. Lima virus utama hepatitis

Melansir laman Aliansi Hepatitis Dunia, hepatitis adalah peradangan hati yang paling sering disebabkan oleh infeksi virus.

Ada lima virus utama hepatitis yang disebut sebagai tipe A, B, C, D dan E. Kelima jenis virus ini paling mengkhawatirkan karena beban penyakit dan kematian yang ditimbulkannya serta potensi wabah dan penyebaran epidemi.

2. Hepatitis masalah kesehatan global

Hepatitis adalah masalah kesehatan yang menjadi perhatian global.

Hepatitis B dan C kronis adalah penyakit menular yang mengancam jiwa karena menyebabkan kerusakan hati yang serius, kanker, dan kematian dini.

Lebih dari 300 juta orang di dunia hidup dengan virus hepatitis B atau virus hepatitis C.

Hepatitis B dan C adalah epidemi diam (silent epidemics) yang menyerang anak-anak dan populasi terpinggirkan, termasuk pengguna narkoba jarum suntik, Masyarakat Adat, tahanan, laki-laki yang berhubungan seks sesama jenis, migran, hingga orang yang hidup dengan HIV/AID.

Secara global, sebanyak 90 persen orang yang hidup dengan hepatitis B dan 80 persen yang hidup dengan hepatitis C tidak menyadari bahwa mereka hidup dengan penyakit tersebut.

Hal itu memungkinkan mereka mengembangkan penyakit hati yang fatal atau kanker hati dalam hidup mereka.

Pada beberapa kasus, tanpa disadari mereka menularkan infeksi kepada orang lain.

3. Membangun kesadaran

Dengan tersedianya vaksin dan pengobatan yang efektif untuk hepatitis B dan obat untuk hepatitis C, penghapusan virus hepatitis dapat dicapai.

Namun, penting untuk tetap menyebarkan kesadaran dan pemahaman yang lebih besar tentang penyakit ini dan risikonya, termasuk akses untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan yang lebih murah.

Pada 2015, virus hepatitis dimasukkan ke dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan pada 2016, strategi untuk mengeliminasi hepatitis global pertama di dunia telah diratifikasi.

Prioritas kita bersama adalah memastikan tidak ada seorang pun yang tertinggal dan para pembuat kebijakan memenuhi komitmen untuk mencapai target eliminasi kasus hepatitis.

4. Tema Hari Hepatitis Sedunia 2021

Melansir laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tema Hari Hepatitis Sedunia 2021 adalah "Hepatitis Can't Wait" atau hepatitis tidak bisa menunggu.

Tema ini dipilih untuk menyampaikan urgensi tentang upaya-upaya yang diperlukan demi menghilangkan hepatitis sebagai ancaman kesehatan masyarakat pada 2030.

Bahkan di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, satu orang meninggal setiap 30 detik akibat penyakit terkait hepatitis.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/28/094432820/hari-hepatitis-sedunia-2021-4-hal-yang-perlu-kita-ketahui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke