Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Mengelola Kecemasan Saat Kembali Bekerja di Kantor

KOMPAS.com - Masa pandemi Covid-19 telah memberikan kita banyak pelajaran, termasuk tantangan menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi di rumah.

Ketika orang-orang berpindah dari kantor untuk bekerja di rumah, beberapa merasa terisolasi dan tidak sabar untuk dapat segera kembali di kantor.

Sementara itu, ada pula yang menjadi terbiasa bekerja dari jarak jauh dan tidak pernah membayangkan diri mereka akan kembali bekerja di kantor.

Faktanya, banyak pekerja yang mulai menikmati keuntungan saat bekerja dari rumah karena lebih banyak fleksibilitas dan produktivitas juga meningkat.

Sebuah studi oleh Stanford University terhadap 16.000 pekerja selama sembilan bulan menemukan bahwa bekerja dari rumah meningkatkan produktivitas sebesar 13 persen.

Dengan begitu, kembali bekerja di kantor mungkin akan menimbulkan kecemasan bagi beberapa orang yang sudah nyaman dan merasa lebih produktif saat bekerja dari rumah.

Kecemasan kembali bekerja di kantor

Sebuah studi global "Employee Care: Defining the New Normal" baru-baru ini menemukan bahwa 100 persen dari 4.553 pekerja yang disurvei merasa cemas untuk kembali di kantor.

Mereka mengungkapkan sejumlah alasan mengapa merasa cemas untuk kembali ke kantor, termasuk takut terpapar Covid-19, kurang fleksibel, dan kerumitan waktu perjalanan.

Sebagai manusia, transisi kehidupan bisa membuat kita stres. Kembali ke tempat kerja mungkin dapat membuat perubahan dalam rutinitas maupun keseimbangan kehidupan kerja.

Sehingga, transisi kembali bekerja di kantor dapat memicu argumen tentang pembagian kerja dan prioritas penjadwalan antara pasangan, atau anggota keluarga lainnya.

Cara mengelola kecemasan

Dengan segala perubahan yang terjadi, wajar saja jika kita merasa cemas untuk kembali ke kantor. Tetapi hal itu tidak boleh terlalu lama terjadi dan justru mengganggu kinerja kita.

Nah, untuk mengatasinya, seorang psikolog sekaligus pemilik praktik konseling Urban Balance, Joyce Marter, LCPC membagikan beberapa tips mengelola kecemasan saat kita harus kembali ke kantor.

1. Bersimpati pada diri sendiri dan orang lain

Ketahuilah bahwa kita semua memiliki pemicu stres yang unik, sehingga kita juga akan meresponsnya secara berbeda terhadap perubahan saat kembali ke tempat kerja.

Maka dari itu, bersimpatilah pada diri sendiri maupun orang lain tanpa harus menghakimi agar kita bisa bersama-sama mengelola kecemasan dengan baik.

Apalagi, emosi seperti kecemasan merupakan respons alami yang normal muncul ketika terjadi perubahan. Jadi bersikaplah lebih lembut pada diri sendiri dan orang lain.

2. Luangkan waktu untuk membuat rencana perubahan

Pikirkan bagaimana kembali bekerja akan memengaruhi rutinitas kita. Lakukan apa pun yang kita bisa untuk membuat prosesnya tidak terlalu membuat stres.

Atur jadwal mingguan dan pastikan untuk memprioritaskan kesejahteraan kita, termasuk tidur yang cukup, nutrisi yang tepat, olahraga, dan waktu untuk perawatan diri.

Luangkanlah sedikit waktu bagi kita untuk membuat rencana transisi antara pekerjaan rumah dan kantor.

Pikirkan juga barang atau sumber daya yang mungkin kita butuhkan seperti beberapa pakaian yang nyaman atau jasa penitipan anak yang dapat dipercaya.

3. Bersikaplah lebih tegas

Bersikaplah lebih tegas dan buat batasan antara pekerjaan dan hubungan dengan orang-orang yang kita cintai.

Penting juga berkomunikasi dengan cara yang jujur, langsung, dan jelas untuk menunjukkan rasa hormat terhadap diri sendiri dan orang lain.

Negosiasikan jadwal, beban kerja, dan gaji yang sesuai untuk kita, serta belajarlah untuk mengatakan "tidak" sesuai dengan kebutuhan.

4. Mencari bantuan dan dukungan dari orang lain

Mintalah apa yang kita butuhkan dari orang-orang yang mampu menyediakannya.

Jika kita memiliki masalah di tempat kerja, pertimbangkan untuk berbicara dengan supervisor, HRD, atau Program Bantuan Karyawan (EAP).

Apabila kita mengalami tekanan keuangan, pertimbangkan untuk berbicara dengan perencana keuangan, penasihat utang, atau mencari sumber daya komunitas dan bantuan keuangan.

Kita juga bisa menemui konselor atau psikolog untuk membantu kita memperoleh keterampilan mengatasi masalah yang baru terjadi di hidup kita saat kembali ke kantor.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/29/095438520/4-tips-mengelola-kecemasan-saat-kembali-bekerja-di-kantor

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.