Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perlukah Memakai Sunscreen di Dalam Ruangan?

KOMPAS.com – Banyak yang mengira bahwa tempat tertutup dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Hal ini membuat kita menganggap tidak perlu memakai sunscreen atau tabir surya jika hanya di dalam ruangan.

Padahal, penggunaan sunscreen tetap dianjurkan di dalam ruangan. Faktanya, kita tetap bisa terpapar kanker kulit meski berada dalam ruangan.

Meski kaca memblokir sebagian besar sinar ultraviolet (UV) yang masuk, kaca tidak menghalangi semuanya dengan ukuran yang sama.

Untuk lebih memahami hal ini, akan lebih baik jika kita mengetahui perbedaan antara dua jenis sinar UV, yaitu UVA dan UVB.

Sinar UVA umumnya terkait dengan penuaan sel-sel kulit dan cenderung menjadi penyebab keriput, bintik matahari, dan tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari lainnya.

Di sisi lain, sinar UVB, lebih kuat dan dapat merusak DNA dalam sel-sel kulit secara langsung. Sinar UVB juga merupakan penyebab utama kulit terbakar dan sering dihubungkan dengan kanker kulit.

Menurut American Cancer Society (ACS), kaca yang biasa digunakan di jendela mobil, rumah, dan kantor dirancang untuk memblokir sebagian besar sinar UVB, tetapi tidak memberikan perlindungan dari semua sinar UVA.

Jadi, meski kita berada di dalam ruangan namun beraktivitas di dekat jendela, kita tetap berisiko terpapar sinar UVA dan mengalami kerusakan kulit.

“Sayangnya, banyak salah kaprah tentang penggunaan sunscreen, membuat orang-orang tidak menggunakannya,” kata Maria Teresa Ochoa, MD, profesor dermatologi klinis. 

“Sunscreen adalah benda terpenting untuk mencegah kanker kulit,” jelas Ochoa.

Jadi, jika meja kerja atau tempat kita menonton TV tepat di sebelah jendela, gunakanlah sunscreen.

Kita juga harus menggunakan sunscreen saat mengendarai mobil. Sebab, penelitian menunjukkan bahwa kerusakan akibat matahari lebih parah di sisi lengan dan wajah yang paling dekat dengan jendela.

Sebagian besar kaca depan mobil memang memiliki pelapis untuk melindungi kita sinar UVA dan UVB. Namun, kaca samping biasanya tidak.

Artinya, jika kita mengemudi tanpa memakai sunscreen selama satu jam sekali jalan untuk bekerja, sama dengan terpapar sinar UV selama dua jam, belum termasuk waktu yang kita habiskan di meja kerja atau luar ruangan.

Agar lebih aman, oleskan sunscreen setiap hari, baik di dalam maupun di luar ruangan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/01/075149320/perlukah-memakai-sunscreen-di-dalam-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke