Salin Artikel

Catat, Ini Urutan Skincare Malam Hari yang Ideal

Beberapa manfaat menggunakan skincare malam hari di antaranya menjaga kulit tetap terhidrasi, memulihkan kondisi kulit yang terpapar stresor lingkungan sepanjang hari, mencegah tanda penuaan, dan lainnya.

Tapi, untuk hasil yang optimal penggunaan skincare juga tak bisa sembarangan. Selain memilih produk sesuai jenis kulit, penting juga untuk memastikan urutan memakai skincare sudah tepat.

Soalnya, mengutip Kompas.com, Minggu (31/01/2021), dokter kulit tersertifikasi di Los Angeles, Dr Shirley Chi, MD urutan memakai skincare yang salah hanya akan membuatnya sia-sia saja.

"Hal paling penting dalam urutan pemakaian skincare adalah penyerapannya," kata dia kepada Bustle.

Aturan umumnya adalah mengaplikasikan produk mulai dari tekstur paling ringan hingga paling kental.

Untuk lebih rincinya, berikut urutan skincare yang perlu kita terapkan:

1. Pembersih wajah

Produk semahal apa pun tidak akan bekerja jika diaplikasikan pada kulit yang kotor. Oleh karena itu, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan wajah.

Jika sebelumnya mengenakan riasan wajah atau merasa wajah terpapar polusi, kita bisa melakukan double cleansing atau pembersihan ganda untuk pembersihan yang optimal.

Tahap pertama, kita bisa menggunakan micellar water atau makeup remover.

Mengutip Kompas.com, Rabu (19/08/2020), gunakan makeup remover berbahan dasar minyak untuk menghapus riasan wajah yang mengandung minyak.

Namun, pemilik kulit wajah berminyak lebih disarankan menggunakan makeup remover berbahan dasar air agar wajah tidak semakin berminyak.

Lanjutkan dengan pembersihan menggunakan sabun muka.

Baik sekali maupun dua kali pembersihan, pastikan menggunakan produk yang cocok dengan jenis kulit dan tidak akan menyebabkan kulit kering.

2. Eksfoliator atau scrub

Penggunaan eksfoliator atau scrub bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

Namun, eksfoliasi wajah tidak boleh dilakukan setiap malam. Lakukan cukup 1-2 kali dalam seminggu.

3. Toner

Selain untuk menyeimbangkan pH kulit sebelum mengaplikasikan produk skin care berikutnya, toner juga bermanfaat untuk mengoptimalkan rutinitas perawatan kulit.

Misalnya, cari produk mengandung asam hialuronat atau gliserin untuk menghidrasi kulit, antioksidan seperti vitamin C untuk mencerahkan, atau asam salisilat untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Pilihlah toner sesuai dengan masalah kulit.

4. Krim mata

Biasanya, krim mata digunakan untuk mengobati kondisi seperti lingkar hitam dan mata bengkak atau untuk melembapkan area tersebut. Tapi, tak semua orang menyertakannya dalam rutinitas skincare malam hari.

Jika kamu menggunakannya, pastikan mengaplikasikan krim mata sebelum produk dengan bahan aktif lainnya.

Sebab, kulit di area mata lebih halus dan rentan terhadap iritasi.

Carilah bahan-bahan seperti vitamin C dan retinol untuk menghilangkan lingkaran hitam, kafein dan antioksidan untuk melawan bengkak, dan kandungan yang melembapkan kulit, seperti squalane, asam hialuronat, serta ceramide untuk melembapkan.

5. Essence dan serum wajah

Essence dan serum wajah sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yakni melembapkan dan menghaluskan kulit wajah.

Essence adalah cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif tinggi yang bertujuan untuk melembapkan kulit dan membantu produk skincare selanjutnya agar dapat meresap lebih baik ke dalam kulit.

Sesudah essence meresap dengan sempurna ke dalam kulit, barulah menggunakan serum wajah.

Serum wajah adalah cairan bertekstur ringan dengan konsentrasi zat aktif lebih tinggi sehingga dianggap lebih efektif meresap ke dalam kulit dibandingkan pelembap atau krim wajah.

Jika kamu menggunakan beberapa serum atau produk dengan bahan aktif, konsultasikanlah dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan efektivitas dan keamanan penggunaannya terhadap kulit.

6. Pelembap

Produk ini digunakan untuk menutup serum yang telah kita aplikasikan.

Pemilik kulit berminyak bisa memilih pelembap dengan formula berbahan dasar air, formula oklusif dengan bahan dasar minyak, atau formula emolien alias krim dan balsem yang lebih tebal.

Mengaplikasikan pelembap sebelum serum dapat memperlambat penetrasi bahan aktif di dalam serum. Jadi, jangan tertukar.

Jika kulit terasa sangat kering atau dehidrasi, direkomendasikan untuk menggunakan krim yang lebih kental di malam hari untuk membantu mencegah kulit kehilangan air.

Urutan pemakaian skincare yang sama sebetulnya juga dapat diaplikasikan di pagi hari. Hanya saja, di pagi hari kita perlu menambahkan tabir surya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/03/194459020/catat-ini-urutan-skincare-malam-hari-yang-ideal

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.