Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makin Populer di Kalangan Fans Kpop, Apa Itu Aplikasi Weverse?

Hal itu dikabarkan membuat weaver (pelanggan Weverse) naik drastis.

Lalu, apa itu Weverse?

Melansir Soompi, aplikasi Weverse adalah platform komunitas penggemar yang diluncurkan oleh oleh beNX, perusahaan hiburan anak perusahaan Big Hit Entertainment, agensi yang menaungi BTS dan TXT.

Meski milik Big Hit, namun tidak hanya artis mereka yang bergabung di platform tersebut.

Blackpink, misalnya, seperti dilansir Bandwagon, tergabung dalam platform tersebut sebagai bagian dari kerja sama agensi mereka YG Entertainment dengan Big Hit. 

Weverse bertujuan menciptakan platform komunitas penggemar secara global. Membuat para penggemar dapat menikmati konten sekaligus berkomunikasi dengan artis idola.

Melansir Elite Daily, sebagian besar idol Kpop sebelumnya menggunakan forum yang disebut fancafe untuk berkomunikasi dan berbagi konten eksklusif dengan para penggemar.

Namun, fancafe dijalankan oleh portal web pihak ketiga bernama DAUM yang tidak mudah diakses oleh penggemar global. Hal itu dapat dipahami mengingat DAUM adalah perusahaan Korea dan tidak memiliki kewajiban untuk melayani penggemar internasional.

Sementara itu, Weverse memungkinkan penggemar terhubung dengan penggemar lain di seluruh dunia, idolanya dan, seperti halnya fancafe, memungkinkan mereka menikmati konten eksklusif yang tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Weverse juga memiliki fitur mirip Instagram Story yang disebut "Artist Moments" di mana para idola kerap berbagi unggahan yang lucu, menyentuh atau emosional dengan para penggemar. Konten itu bakal hilang ketika sang idola membagikan momen baru.

Platform ini punya nilai jual tersendiri bagi penggemar internasional karena memiliki fitur penerjemah bawaan yang memungkinkan mereka menerjemahkan unggahan idola ke dalam bahasa pilihan.

Saat ini, bahasa yang tersedia di aplikasi Weverse adalah Bahasa Inggris, Korea, Jepang, Cina, Spanyol, Portugis, Indonesia, Melayu, dan Thailand.

Selanjutnya, mari kita tunggu siapa lagi yang akan bergabung?

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/04/051600720/makin-populer-di-kalangan-fans-kpop-apa-itu-aplikasi-weverse-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke