Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Rekomendasi Diet untuk Penderita Diabetes

KOMPAS.com - Penderita diabetes yang kegemukan memang disarankan untuk menurunkan berat badannya. Berhasil mengurangi 5 persen dari total berat badan saja sudah berdampak dramatis pada kesehatan.

Dijelaskan oleh Andrea Dunn, RD, seorang ahli diet di Clevaland Clinic, penurunan berat badan tidak hanya memperbaiki kadar gula darah, tetapi juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, risiko penyakit jantung, dan bahkan jumlah obat yang kita minum.

Dunn menyarankan untuk fokus pada nutrisi yang baik dan perubahan yang dapat kita lakukan agar diet yang kita lakukan berhasil.

Obesitas merupakan faktor risiko utama resistensi insulin, yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Hal ini juga merupakan hambatan utama untuk mencapai kontrol gula darah jangka panjang.

Tetapi penurunan berat badan bisa menjadi penangkal yang efektif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kehilangan 16 persen dari kelebihan berat badan dapat memperbaiki kadar gula darah.

Empat diet untuk penderita diabetes

Penderita diabetes perlu memilih pola makan yang bisa membantu mengurangi asupan kalori, namun nutrisi lengkap. Berikut adalah empat jenis diet yang disarankan:

1. Diet DASH

DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Diet ini sebenarnya diciptakan untuk membantu menurunkan tekanan darah, tetapi manfaat diet DASH justru melampaui itu.

Diet DASH kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, rendah lemak, gula dan sodium. Misalnya, pada diet DASH 1.600 kalori per hari terdiri dari:

2. Diet mediterania

Diet ini lebih cenderung seperti gaya hidup daripada "diet". Pola makan ini melibatkan makan banyak sayuran, kacang-kacangan dan lemak sehat.

Untuk mengikutinya dengan benar, kita harus mendapatkan sebagian besar kalori dari makanan nabati, seperti:

  • Sebagian besar biji-bijian.
  • Sayuran dan buah-buahan (setidaknya masing-masing 2 cangkir per hari).
  • Makan kacang sebagai pengganti protein hewani beberapa kali/minggu.
  • Sertakan produk susu beberapa kali sehari.

Lalu, kita bisa makan lemak sehat setiap hari yang berasal dari alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak zaitun.

Disarankan pula untuk makan ikan dan makanan laut setiap minggu. Pilih telur dan unggas lebih sering daripada daging merah, serta batasi konsumsi permen, cukup makan beberapa kali setiap minggu.

3. Diet nabati (plant-based diet)

Sebagian besar rencana diet nabati membatasi konsumsi daging:

  • Diet vegan: Mengurangi daging dan susu.
  • Diet vegetarian: Menghindari daging tetapi mengizinkan untuk konsumsi telur dan keju.
  • Diet fleksibel: Sebagian besar nabati dengan beberapa protein hewani.

4. Diet rendah lemak yang menyehatkan jantung

Diet ini melibatkan sumber protein tanpa lemak, termasuk kacang-kacangan dan lentil.

Total lemak yang kita konsumsi adalah sekitar 30 persen kalori dari lemak, dengan lemak jenuh 10 persen atau kurang. Setidaknya setengah dari gandum harian yang kita konsumsi harus berasal dari gandum. Selain itu, kita juga harus makan:

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/09/161233820/4-rekomendasi-diet-untuk-penderita-diabetes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke