Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pentingnya Perlakukan Wawancara Kerja seperti Kencan Pertama

KOMPAS.com - Wawancara kerja bisa sangat mirip dengan kencan pertama karena keduanya butuh kesan pertama yang baik dan juga melibatkan unsur kecocokan.

Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat wawancara kerja, kita harus menyiapkannya dengan baik, sama seperti saat kita melakukan kencan pertama.

Dilansir dari laman Her World, pendiri firma rekrutmen, Ansa Search pun berbagi tiga alasan mengapa kita harus memperlakukan wawancara kerja sama seperti bertemu calon pasangan romantis sebagai berikut:

1. Hubungan dua arah

Seperti pada kencan pertama, penting bagi kedua belah pihak untuk berusaha sebaik mungkin membentuk daya tarik timbal balik selama wawancara kerja.

Tanggung jawab juga jatuh pada pewawancara untuk memastikan bahwa peran dan lingkungan menarik bagi pencari kerja.

Ini adalah hubungan dua arah. Jadi, jika pewawancara tidak menghargai atau meremehkan waktu kita, kita juga yakin ini adalah bagaimana pemberi kerja akan memperlakukan kita.

2. Adanya keputusasaan

Keputusasaan bisa menjadi penghalang besar bagi kita untuk mendekati pemberi kerja, begitu pula dengan pasangan romantis saat kencan pertama.

Sama seperti hubungan romantis, pemberi kerja juga akan mencari kecocokan pada kita. Akan tetapi, ini bisa sulit dicapai jika kita ternyata melamar setiap lowongan yang tersedia dan tidak fokus pada salah satunya.

3. Pentingnya bernegosiasi

Menerima tawaran pekerjaan adalah satu hal, tetapi menerjang kesempatan pertama yang diberikan kepada kita adalah hal lain.

Banyak orang yang membuat keputusan terlalu cepat begitu mendapatkan tawaran. Padahal, penting sekali bagi kita untuk menahan dorongan ini dan menegosiasikan tawaran tersebut.

Selalu baik untuk menahan diri dari bergerak terlalu cepat sebelum terjun ke hubungan apa pun. Ditambah lagi, kekuatan negosiasi kita juga akan meningkat setelah kita selesai wawancara kerja.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/09/164046420/pentingnya-perlakukan-wawancara-kerja-seperti-kencan-pertama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke