Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Pola Makan Sehat Pasien Isoman Covid-19

KOMPAS.com - Pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman) disarankan untuk istirahat cukup dan makan makanan bergizi untuk mempercepat kesembuhannya.

Anjuran tersebut diberikan untuk memperkuat imunitas tubuh dan memerangi infeksi virus. Oleh sebab itu, kita perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi selama isoman.

Jangan hanya sekedar makan tanpa mempertimbangkan asupan nutrisinya atau manfaatnya. Sayangnya, kebanyakan pasien isoman hanya sekedar memperbanyak asupan sayur dan buahnya tanpa pertimbangan lebih lanjut.

Meskipun ini bukan tindakan yang buruk namun hasilnya mungkin saja kurang optimal. Untuk membantu masyarakat, Gizipedia, platform edukasi gizi masyarakat di Instagram telah membagikan panduan sederhananya.

Aturan ini bisa dipakai untuk penderita Covid-19 yang bergejala sangat ringan atau tanpa gejala. Panduan serupa juga bisa diterapkan oleh penyintas Covid yang ada di fase 1-3 bulan proses penyembuhan.

Apa saja panduannya?

  • Hitung kebutuhan kalori per hari

Setiap orang memiliki jumlah kebutuhan kalori harian yang berbeda. Untuk mengetahui jumlahnya, hitung kebutuhan harian kita sebagai panduan jenis pangan yang harus dikonsumsi.

Saat ini ada banyak aplikasi, platform online atau situs yang memudahkan kita untuk menghitung kalori yang dibutuhkan.

Bisa juga melakukan perhitungan manual dengan rumus: 30-35 kcal/kg BB/hari

Contohnya, seorang pria dewasa dengan berat 57 kg maka perhitungannya adalah 35x57=1.995 kalori atau dibulatkan menjadi 2.000 kalori.

Artinya jatah kalori orang tersebut sebanyak 2.000 kalori.

  • Hitung kebutuhan zat gizi harian

Setelah mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan, atur menu makanan dengan komposisi jumlah zat gizi yang sesuai.

Pola makan yang dianjurkan seharusnya terdiri dari protein hingga 15-25 persen, lemak sebanyak 25-30 persen dan sisanya karbohidrat.

  • Contoh menu yang bisa dikonsumsi

Ada beberapa contoh menu makanan yang bisa dikonsumsi pasien isoman atau penyintas Covid-19. Misalnya saja kentang tumbuk dua buah, stik daging satu iris sedang, rolade tahu kukus dua potong, setup buncis+wortel+putren 1,5 centong dan jus jeruk satu gelas besar.

Alternatif lainnya, nasi putih tim satu centong, sup ikan patin dan telur puyuh dua centong, tempe ungkep kukus dua potong kecil, cap cay satu centong, buah naga setengah buah, dan air putih.

  • Makanan selingan yang bisa dikonsumsi

Pasien isoman juga bisa mengkonsumsi camilan sebagai makanan selingan. Jumlah kalori harian bisa dibagi menjadi tiga porsi makan besar dan tiga porsi selingan.

Beberapa menu yang bisa dipertimbangkan seperti agar busa putih telur dan potongan buah satu cangkir, bubur kacang hijau dengan ketan dan santan segelas kecil dan susu segelas sedang.

Susu sapi seperti UHT, full cream, dan sterilisasi termasuk baik untuk selingan karena komposisi karbohidrat dan lemaknya 1:1.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/10/160752720/panduan-pola-makan-sehat-pasien-isoman-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke