Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Perusahaan Dunia yang Wajibkan Vaksin Covid-19 untuk Karyawannya

KOMPAS.com - Vaksin dianggap sebagai jalan terbaik untuk melindungi diri dari infeksi Covid-19, khususnya di tengah penyebaran varian Delta.

Jenis terbaru virus Corona ini dianggap amat berbahaya karena jauh lebih menular. Penggunaan masker, penerapan protokol kesehatan dan menyegerakan diri divaksin kini menjadi anjuran yang digaungkan oleh para pakar di seluruh dunia.

Presiden AS, Joe Biden juga telah menegaskan pentingnya vaksin di tengah meningkatnya kasus positif Covid-19 akibat varian delta.

"Vaksin menyelamatkan nyawa dan itu bisa menyelamatkan nyawa Anda," tegasnya.

Merespon hal ini, sejumlah perusahaan kaliber dunia di Amerika Serikat kini mewajibkan karyawannya untuk divaksin.

Vaksin dosis lengkap bahkan dijadikan syarat menjelang pembukaan kembali area perkantoran yang akan segara dilakukan.

Beberapa perusahaan yang menerapkan aturan tersebut antara lain:

  • Microsoft

Karyawan Microsoft yang berbasis di As rencananya akan kembali bekerja di kantor pada Oktober mendatang. Raksasa teknologi ini telah menyatakan, karyawan yang ingin kembali bekerja harus sudah divaksin.

Bukan hanya karyawan, semua vendor, tamu dan berbagai pihak lainnya yang memasuki gedung Microsoft di AS harus menunjukkan bukti vaksinasinya.

Microsoft juga akan mengakomodasi karyawan yang memiliki kondisi medis atau alasan lain yang dilindungi, seperti agama, yang menghalangi mereka untuk divaksinasi.

Detail penerapannya, termasuk tanggal dan kebijakannya akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi terbaru pandemi.

  • Google

CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai mengumumkan perusahaannya akan mewajibkan vaksin bagi karyawan yang bekerja di berbagai kantor cabangnya di AS.

Dalam pernyataan yang dirilis pada 28 Juli lalu itu, ia juga menyebutkan akan memperluas kebijakan mereka ke wilayah lain dalam beberapa bulan mendatang.

Google juga akan memperpanjang kebijakan kerja dari rumah sukarela secara global hingga 18 Oktober mendatang.

"Kami akan terus memantau data dengan cermat dan memberi tahu Anda setidaknya 30 hari sebelumnya sebelum beralih ke rencana pengembalian penuh ke kantor kami," tambah Pichai.

  • Uber

Startup ini mengharuskan semua karyawan perusahaan untuk divaksinasi. Para pengemudinya tidak harus divaksin namun tetap wajib memakai masker ketika mengangkut penumpang.

"Para karyawan, Anda menghabiskan waktu bersama di kantor delapan jam sehari, 10 jam sehari," kata CEO Uber, Dara Khosrowshahi soal persyaratan ini.

Sejak Juni lalu, perusahaan ini juga meminta karyawannya untuk menerapkan 50 persen WFO di lokasi kantor pilihan mereka.

  • Disney

Disney mewajibkan semua karyawan tetap dan non tetap yang bekerja di AS untuk divaksinasi dalam dosis lengkap. Perusahaan memberi waktu 60 hari kepada karyawan untuk mematuhinya.

Sedangkan semua karyawan baru akan diminta untuk divaksinasi penuh sejak mereka mulai bekerja.

  • Netflix

Platform streaming ini juga mewajibkan seluruh karyawannya untuk divaksin ketika kantor kembali dibuka pada September mendatang. Bukan hanya itu, pengunjung area perkantoran juga harus menunjukkan bukti vaksinasi ketika datang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/12/130248320/5-perusahaan-dunia-yang-wajibkan-vaksin-covid-19-untuk-karyawannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke