Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Pakai Baju Adat Baduy di Sidang Tahunan MPR, Apa Maknanya?

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi terlihat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI untuk menyampaikan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka peringatan HUT ke-76 RI di Gedung Parlemen, Senin (16/8/2021).

Penampilannya yang selalu menggunakan baju adat dalam setiap agenda tahunan ini pun mencuri perhatian publik.

Untuk tahun 2021 ini, Jokowi memilih mengenakan pakaian adat suku Baduy yang berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Jokowi tampak mengenakan pakaian kutung lengan panjang atau jamang sangsang berwarna hitam yang dilengkapi dengan telekung atau ikat kepala hasil tenun masyarakat Baduy berwarna biru, serta tas selempang yang khas dari suku tersebut.

Pakaian adat Baduy ini menyiratkan banyak hal. Terlebih mengenai kesederhanaan dalam suasana pandemi dan refleksi diri (muhasabah) atau olah batin (tirakat) di tengah hiruk pikuknya zaman.

Pemillihan baju adat suku Baduy ini memiliki alasan tersendiri bagi Jokowi, salah satunya adalah untuk memberikan penghormatan dan penghargaan atas nilai-nilai adat suku Baduy.

"Presiden @jokowi memilih menggunakan pakaian adat suku Baduy sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada  keluhuran nilai-nilai adat dan budaya suku Baduy," tulis KSP melalui akun Twitter @KSPgoid.

Sementara itu, tak kalah menariknya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin tampak menggunakan pakaian adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat.

Ma'ruf mengenakan pakaian dengan perpaduan jas dan celana hitam dengan kain sarung tenun warna merah bercorak khas Mandar yang digunakan sebagai ikat pinggang, serta penutup kepala yang disebut songkok tabone.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/16/100844820/jokowi-pakai-baju-adat-baduy-di-sidang-tahunan-mpr-apa-maknanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke