Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya

Beberapa orang mengalami sakit kepala sebelah kiri, sementara sisi lainnya tidak. Kebanyakan kasus sakit kepala dapat diatasi dengan perawatan rumahan, namun sebagian lainnya memerlukan penanganan medis.

Jika kondisinya sangat mengganggu kenyamanan dan menyakitkan, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan solusinya.

"Jika mengalami sakit kepala satu sisi, sangat penting untuk mengonsultasikannya dengan ahli saraf atau spesialis sakit kepala," kata spesialis sakit kepala Emad Estemalik, MD, seperti dilansir Cleveland Clinic.

"Pemeriksaan menyeluruh sangat penting agar kita mendapatkan perawatan yang tepat. Mungkin juga kita perlu melakukan pencitraan otak untuk menyingkirkan penyebab sekunder apapun."

Melansir Healthline, berikut sejumlah penyebab sakit kepala sebelah kiri dan cara mengatasinya:

1. Gaya hidup

Sakit kepala sebelah kiri bisa disebabkan oleh gaya hidup seseorang. Beberapa pemicunya antara lain:

2. Infeksi dan alergi

Sakit kepala sering kali merupakan gejala infeksi saluran pernapasan, seperti pilek atau flu. Demam dan saluran sinus yang tersumbat juga dapat memicu sakit kepala.

Sementara alergi alergi dapat menjadi penyebab sakit kepala karena adanya kemacetan di sinus yang menyebabkan rasa sakit dan tekanan di belakang dahi serta tulang pipi.

Sedangkan infeksi serius seperti ensefalitis dan meningitis bisa menyebabkan sakit kepala yang lebih hebat. Dua penyakit tersebut juga menghasilkan gejala seperti kejang, demam tinggi, dan leher kaku.

3. Penggunaan obat secara berlebihan

Obat sakit kepala berpotensi menyebabkan sakit kepala yang lebih parah jika kita menggunakannya lebih dari dua atau tiga hari seminggu.

Sakit kepala ini dikenal sebagai medical overuse headache (sakit kepala akibat terlalu sering menggunakan obat) atau sakit kepala rebound.

Sakit kepala ini bisa terjadi hampir setiap hari dan rasa sakitnya dimulai ketika kita bangun di pagi hari.

Obat sakit kepala yang dapat menyebabkan sakit kepala ini antara lain:

4. Gangguan saraf

Masalah saraf terkadang juga bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri. Beberapa kondisi yang mungkin terjadi termasuk:

  • Neuralgia oksipital: saraf oksipital berjalan dari bagian atas sumsum tulang belakang, naik ke leher, hingga ke dasar tengkorak Anda. Iritasi saraf ini dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat, parah, menusuk di bagian belakang kepala atau pangkal tengkorak. Rasa sakit berlangsung dari beberapa detik hingga beberapa menit.
  • Arteritis sel raksasa (arteritis temporal): disebabkan oleh peradangan pembuluh darah, termasuk arteri temporal di sepanjang sisi kepala. Gejalanya bisa termasuk sakit kepala dan nyeri di bagian rahang, bahu, dan pinggul, bersama dengan perubahan visual.
  • Neuralgia trigeminal: kondisi ini memengaruhi saraf trigeminal, yang memberikan sensasi tertentu pada wajah. Ini menyebabkan sentakan rasa sakit yang parah dan tiba-tiba di wajah.

5. Kondisi lain

Beberapa kondisi lain juga bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri, antara lain:

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri

Beberapa jenis sakit kepala menyebabkan rasa sakit hanya pada satu sisi kepala.

Biasanya, kita bisa meredakan sakit kepala ini dengan obat yang dijual bebas dan perubahan gaya hidup, seperti relaksasi dan istirahat.

Temui dokter jika mengalami sakit kepala parah atau yang mengganggu aktivitas harian.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah sebagai cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri dengan cepat:

  • Mengaplikasikan kompres hangat atau dingin ke kepala dan/atau leher.
  • Berendam di bak mandi air hangat, berlatih pernapasan dalam, atau mendengarkan musik yang menenangkan untuk bersantai.
  • Tidur siang.
  • Makan sesuatu jika gula darah rendah.
  • Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti aspirin, ibuprofen (Advil), atau acetaminophen (Tylenol).

Kapan harus ke dokter

Sakit kepala sering kali bukan kondisi yang serius dan kita bisa melakukan perawatan rumahan.

Namun terkadang, sakit kepala juga bisa merupakan tanda masalah kesehatan serius.

Segera hubungi dokter jika mengalami kondisi seperti:

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/18/160200520/5-penyebab-sakit-kepala-sebelah-kiri-dan-cara-mengatasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke