Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Model Inggris Ini Tuai Kritik karena Unggah Potret Kenakan Burka

KOMPAS.com - Lily Cole, model berdarah Inggris, menuai kritikan karena mengunggah potret dirinya yang sedang mengenakan burka.

Dalam foto di akun Instagramnya itu, ia mengenakan burka berwarna biru dalam rangka mempromosikan buku barunya. Sebenarnya, Cole menyertakan caption yang bertema merangkul keberagaman seperti yang tertulis berikut,

"Let's embrace diversity on every level – biodiversity; cultural diversity; diversity of thinking; diversity of voices; diversity of ideas."

Meski demikian, wanita yang juga aktivis ini langsung mendapatkan kritikan tajam atas perilakunya. Ia dinilai berlaku tidak sensitif dengan mengunggah fotonya di waktu yang tidak tepat.

Kontennya dianggap tidak pantas karena bertepatan dengan momen jatuhnya Afganistan dalam kekuasaan Taliban.

Seperti diketahui, rezim Taliban dikhawatirkan akan merenggut hak-hak dasar perempuan Afganistan. Termasuk memaksa perempuan mengenakan burka yang menutupi sekujur tubuh, mulai dari kepala hingga kaki.

Pada masa lalu, pelanggaran soal busana bisa membuat wanita Afganistan mendapatkan hukuman berat. Selain itu, wanita juga dilarang bekerja dan mendapatkan pendidikan.

Janice Turner, wartawan Inggris yang menulis di media The Times, menjadi salah satu yang terang-terangan menyatakan kritik tajamnya. Cole dinilai salah menempatkan prioritas, yang dibuktikan dengan unggahannya.

"Lily Cole dan kekosongan tagar-feminisme modern. Menempatkan postur Instagram di atas hak asasi manusia universal. Saya yakin wanita Afghanistan merayakan 'keragaman' mengenakan kain kafan ini," ujarnya lewat cuitan di Twitter.

Sadar akan hujatan yang diterimanya, Cole kemudian langsung menghapus unggahannya. Model berusia 33 tahun ini juga menyatakan permintaan maaf dan mengatakan tak sengaja melakukannya karena tidak menyimak berita terbaru.

"Saya belum membaca berita pada saat saya memposting jadi itu sangat tidak tepat waktu. Terima kasih telah menunjukkan hal itu kepada saya." ujarnya via Instagram.

Ia mengaku turut bersedih dengan kondisi yang terjadi di Afganistan saat ini. Selain itu, ia menjelaskan pula jika foto itu dibuat sudah cukup lama dengan mengenakan burka pinjaman milik temannya.

Sebagai upaya memperbaiki kesalahannya, wanita yang pernah membintangi Star Wars; The Last Jedi ini kemudian membagikan beberapa artikel berita dengan informasi tentang Afghanistan serta tautan ke halaman situs yang mengumpulkan dana untuk pengungsi negara tersebut.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/19/130600020/model-inggris-ini-tuai-kritik-karena-unggah-potret-kenakan-burka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke