Salin Artikel

9 Tips Menjaga Bibir Tetap Lembut dan Kenyal

KOMPAS.com - Tidak peduli apa pun musimnya, menjaga bibir tetap lembut dan kenyal adalah sesuatu yang sulit dilakukan.

Dan seperti yang telah kita ketahui bahwa lip balm saja tidak cukup untuk mencegah bibir pecah-pecah atau membuatnya lembut secara langsung.

Jadi, terkadang, kita memang perlu memanjakan bibir dengan sesuatu yang ekstra.

Nah, bicara soal perawatan bibir, para ahli pun membagikan sejumlah cara yang dapat dicoba untuk mendapatkan bibir yang lebih lembut dan kenyal.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa petunjuk mendapatkan bibir yang lembut dan kenyal, seperti yang dilansir dari laman Mind Body Green berikut ini.

1. Eksfoliasi

Mengeksfoliasi bibir dapat membantu meringankan pecah-pecah dan menghaluskan garis bibir. Perhatikan tutorial berikut untuk melakukan eksfoliasi:

• Pertama, pastikan bibir kita kering, bersih, dan bebas dari riasan atau lip balm.

• Kemudian ambil dan oleskan eksfoliant atau lip scrub pada bibir.

• Gosokkan produk tersebut pada bibir dengan gerakan memutar selama satu menit.

"Ingatlah untuk tidak melakukan eksfoliasi berlebihan atau menggosok terlalu keras karena kulit di bibir kita sangat halus," kata ahli kimia kosmetik, Marisa Plescia.

• Lalu bilas menggunakan air hangat dan pastikan untuk mengikutinya dengan masker bibir atau lip balm yang menghidrasi.

Ingat juga untuk tidak menggosok bibir yang terlalu kering karena bisa menyebabkan bibir pecah-pecah yang menyakitkan.

2. Menghidrasi bibir

Kita harus melapisi bibir dengan bahan-bahan yang menghidrasi dan memastikan kita mendapatkan cukup air untuk menghindari bibir yang kering.

Penelitian menunjukkan bahwa jumlah air yang cukup dapat meningkatkan ketebalan kulit, termasuk bibir.

Dalam hal bahan pelembap untuk dioleskan, cari emolien yang membangun penghalang kulit, seperti ceramide dan asam lemak.

Humektan memang bagus, tetapi kita mungkin tidak ingin menggunakannya sebagai satu-satunya pelembab.

"Pelembab bibir yang hanya mengandung humektan seperti asam hialuronat dan gliserin sebenarnya dapat membuat bibir lebih kering karena menarik kelembapan jika udaranya sangat panas atau kelembapannya rendah," terang dermatolog bersertifikat, Hadley King, MD.

"Maka bahan-bahan itu dapat menarik kelembapan keluar dari kulit dan kemudian kelembapan menguap," sambung dia.

3. Menggunakan produk kolagen

Selain menunjukkan dehidrasi, bibir juga dapat menunjukkan tanda-tanda penuaan karena kulitnya yang sangat tipis dan bisa mengempis ketika integritas struktural kulit menurun seiring waktu.

Untuk membantu tubuh meningkatkan produksi kolagen alaminya yang berpengaruh pada kulit di bibir, penelitian mengungkapkan bahwa kita bisa mengonsumsi suplemen kolagen terhidrolisis.

Studi menunjukkan bahwa peptida kolagen ini mampu mendukung elastisitas, hidrasi, dan kepadatan kulit kita, termasuk kulit bibir.

4. Memakai masker bibir

Kulit lebih permeabel atau mudah ditembus zat-zat di malam hari, jadi yang terbaik adalah menyegel banyak kelembaban tepat sebelum tidur.

Untuk itu, kita mungkin dapat memilih krim malam yang lebih tebal untuk mengunci kelembaban.

Oleskan masker bibir yang lebih berat untuk mencegah kerutan dan bibir menjadi kering sepanjang malam.

5. Hindari bahan yang mengeringkan bibir

Beberapa produk mungkin termasuk bahan yang mengeringkan atau mengiritasi sehingga dapat memperburuk bibir pecah-pecah.

"Hindari mentol, kapur barus, dan fenol sebagai bahan dalam lip balm karena dapat mengeringkan bibir. Meski awalnya dingin dan menenangkan, bahan-bahan itu cepat menguap," jelas King.

"Bahan yang mengandung alkohol juga akan mengeringkan bibir dan asam salisilat pada lip balm dapat mengiritasi bibir," lanjut dia.

King pun menyarankan kita mengindari lip balm yang dirancang untuk membuat bibir montok karena mengandung minyak kayu manis atau minyak peppermint yang dapat menyebabkan iritasi.

6. Jangan menjilat atau mencungkil kulit bibir

Banyak orang yang suka mencungkil kulit bibir yang kering untuk mengelupasnya, tapi sebisa mungkin kita harus menahan diri.

Sebab, menurut King, hal itu bisa membuat iritasi pada bibir dan membuat penyembuhannya lama jika terus-menerus dicungkil.

Sementara itu, menjilati bibir mungkin tampaknya tidak berbahaya, tapi jika ada oklusif mungkin dapat membuat permukaan bibir kering dan menyebabkan kondisi yang lebih buruk.

7. Lapisi produk bibir

Untuk benar-benar memberikan kelembaban pada bibir, kita perlu melapisi dengan produk perawatan bibir.

Kita bisa melapisinya dengan hidrator berbahan dasar air terlebih dahulu, lalu tutupi dengan pelembab yang mengandung minyak.

Logikanya mirip dengan rutinitas perawatan kulit. Katakanlah, jika kita menggunakan serum humektan seperti asam hialuronat, kita pasti ingin mengoleskan pelembab atau minyak untuk menjaga semua hidrasi terkunci di dalam.

8. Lindungi dari berbagai elemen

King mengatakan bahwa kita dapat menutupi mulut saat berada di luar dengan masker.

"Udara dan angin dapat mengeringkan bibir, jadi akan sangat membantu untuk menutupinya," ujarnya.

Praktisi perawat estetika, Shawna Jones merekomendasikan agar kita menggunakan lip balm dengan kandungan SPF yang mampu melindungi bibir dari sinar matahari, sama seperti melindungi wajah kita.

"Untuk menjaga bibir tetap montok dan kenyal, ada banyak pilihan yang dapat dicampur dengan pelembab aktif untuk menghidrasi dan menghaluskan bibir," imbuhnya.

9. Buat batasan selama rutinitas perawatan kulit

Sekali lagi, kulit di bibir kita sangat tipis dan sensitif, terutama jika kita menggunakan bahan eksfoliasi secara berlebihan.

Jadi, jika kita menggunakan zat aktif yang kuat selama rutinitas perawatan kulit (retinoid, AHA atau BHA, dan sejenisnya), kulit rapuh di sekitar bibir mungkin akan terkena dampak dan membuatnya kering.

Seorang dokter kulit bersertifikat, Angelo Landriscina, MD menyarankan untuk menghindari area bibir sebaik mungkin saat menggunakan produk tersebut.

Maka, kita dapat menyelesaikan rutinitas perawatan kulit wajah secara keseluruhan terlebih dulu baru terakhir mengoleskan lip balm atau minyak pelembab di bibir sebagai akhir dari rutinitas.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/19/154104420/9-tips-menjaga-bibir-tetap-lembut-dan-kenyal

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.