Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kisah Sarah Culberson, Putri yang Hilang dari Kerajaan di Sierra Leone

Tetapi siapa sangka? Kejadian serupa benar-benar dialami oleh Sarah Culberson, perempuan berusia 45 tahun berkebangsaan Amerika Serikat.

Sejak kecil, ia tinggal di panti asuhan sampai akhirnya diadopsi oleh Jim dan Judy Culberson, pasangan kulit putih yang tinggal di Morgantown, West Virginia.

Belakangan diketahui, Sarah berstatus bangsawan dan adalah seorang putri kerajaan Suku Mende di Bumpe, Sierra Leone, Afrika Barat.

Fakta ini baru terkuak setelah ia berusaha mencari ayah kandungnya saat berusia 28 tahun.

Upayanya itu dilakukan setelah salah satu temannya menyarankan untuk melepaskan semua hal yang dipendamnya.

Jauh sebelumnya, ia mengetahui jika ibu kandungnya telah meninggal karena kanker. Namun ia selalu punya keinginan terdalam untuk mengenal ayah biologisnya.

Ia lalu menerima saran temannya untuk menyewa detektif swasta.

Setelah tiga jam, penyelidik itu akhirnya menemukan petunjuk yang menjanjikan, dan menyarankan Sarah mengirim surat ke suatu alamat.

Meski mengaku tak berharap mendapatkan respons apa pun, dia mendapatkan telepon empat hari kemudian sebagai balasan atas suratnya.

Ternyata yang menelepon adalah wanita yang mengaku sebagai saudara perempuan ayah Sarah.

Ia tinggal di Maryland bersama suaminya yang kemudian menjelaskan bahwa ayah kandung Sarah, yang bernama Joseph Konia Kposowa, adalah kepala keluarga kerajaan suku Mende.

"Dia berkata, 'Apakah kamu tahu siapa kamu? Kakek buyutmu adalah pemimpin tertinggi. Kamu adalah seorang putri," ujar Sarah, dikutip dari Insider.

Setelah itu, ia juga mendapatkan kesempatan untuk berbicara langsung kepada ayahnya yang tak pernah ditemuinya itu.

"Hal pertama yang dia katakan adalah, 'Tolong maafkan saya. Saya tidak tahu bagaimana menemukan kamu setelah diadopsi," ujar Sarah mengenang momen emosional itu.

Enam bulan kemudian, tahun 2004, ia mengunjungi Bumpe untuk pertama kalinya guna menemui ayah kandungnya dan kerabat yang bertalian darah dengannya.

Ia datang ditemani oleh kedua orangtua angkatnya yang rela menempuh ribuan kilometer demi anak terkasihnya.

Di sana, ia disambut oleh ratusan orang yang melakukan perayaan khusus untuknya selama beberapa hari.

Status yang penuh tanggung jawab dan komitmen

Status sebagai putri kerajaan yang disandang Sarah Culberson rupanya bukan hanya memberikan sejumlah privilege baginya, namun juga tanggung jawab.

Ketika pulang kampung, ia dihadapkan pada fakta bahwa sukunya sedang memulihkan diri dari perang saudara selama 11 tahun.

Sekolah-sekolah menjadi puing-puing, rumah-rumah hancur, dan banyak orang kehilangan anggota badan.

"Selama ini yang saya tahu hanyalah Putri Disney atau Ratu Inggris. Saya belajar bahwa menjadi seorang putri adalah tentang berkomitmen dan bertanggung jawab untuk komunitas," kata wanita yang bekerja sebagai penari ini.

Tergerak hatinya, Sarah kemudian mendirikan organisasi nirlaba Sierra Leone Rising, yang telah membangun kembali Bumpe High School.

Dia menginisiasi gerakan Mask on Africa, memasang lentera surya, dan membantu mendistribusikan air minum bersih.

Kisah hidupnya diangkat jadi film

Kisah hidup Sarah Culberson mungkin tidak terasa asing bagi para penggemar cerita animasi Disney.

Ya, perjalanan hidup wanita berkulit hitam ini memang mirip dengan jalan cerita Anastasia, film animasi Disney yang rilis tahun 1997.

Anastasia merupakan kisah fiksi sendiri terinspirasi dari putri bungsu Tsar Nikolai II yang tewas dieksekusi ketika Revolusi Rusia.

Sadar akan betapa magisnya kisah hidup Sarah, studio film kenamaan Hollywood itu rupanya berniat membuat film memoarnya.

Film ini sedianya akan diberi judul "A Princess Found", yang diproduksi oleh Stephanie Allain.

Seorang Jurubicara Disney mengatakan pada bulan Juni bahwa film itu sedang dalam fase awal pengembangan.

Namun, belum jelas kapan film itu akan dirilis maupun aktris yang terlibat dalam proyek ini.

Kita nantikan saja bagaimana kisah putri modern ini bakal diangkat ke layar lebar dan menginspirasi banyak perempuan di dunia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/19/155947520/kisah-sarah-culberson-putri-yang-hilang-dari-kerajaan-di-sierra-leone

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke