Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Brand Fashion dari Korea yang Wajib Kamu Tahu

Bahkan, pengaruh budaya pop negara ini sangat bersejarah dengan munculnya istilah unik yang menggambarkan dampaknya pada begitu banyak bidang kehidupan.

Istilah yang dimaksud adalah hallyu atau yang juga dikenal sebagai Korean wave.

Efek hallyu pun telah menjamah dunia mode yang membuat tren berbusana Korea mengalami lonjakan peminat dalam beberapa tahun terakhir.

Nah, agar kita tetap dapat mengikuti tren mode Korea saat ini, ada beberapa brand keren yang wajib diketahui pada pecinta tren Korea.

Rekomendasi ini datang dari seorang influencer mode Laura Jung, dan pembuat konten YouTube Celine Kim, seperti dilansir laman Elle.com.

Menurut Jung, label karya desainer itu memiliki konsep yang berorientasi ke masa depan dan terlihat sangat feminin.

Sang desainer, Kim, yang memenangkan kompetisi desain pernah mendandani bintang-bintang ternama Korea Selatan, antara lain para anggota BTS.

Dia juga dikenal sering mengaplikasikan warna-warna cerah dan selalu menggunakan desain yang orisinal hasil buatan tangannya sendiri.

"Kim tidak mengikuti tren di industri, melainkan melihat lanskap dunia kita yang terus berubah, baik di tingkat mikro maupun makro untuk memengaruhi koleksinya," kata dia.

"Dia adalah seorang desainer yang menggunakan imajinasinya untuk membuat desain yang terasa seperti kita hidup di dunia dongeng."

"Dia selalu berusaha untuk membuat koleksi demi koleksi," sambung Jung.

Hasilnya, desainnya terasa sangat keren dan modern dengan kualitas utilitarian yang tak lekang oleh waktu.

"Brand ini menggunakan kain dan teknik desain lokal, serta membawa perpaduan kualitas yang terinspirasi oleh budaya Korea Selatan ke dalam produknya," kata dia.

Pembuatnya juga menyukai bagaimana IISE — yang memiliki segalanya mulai dari kaus hingga aksesori — mengaburkan batas antargender, dan sangat berbeda dari budaya tradisional Korea Selatan.

"Di satu sisi, desainnya adalah kebalikan dari cita-cita yang sangat dihargai dalam masyarakat Korea Selatan, di mana validasi dan opini eksternal penting dalam konservatisme," ungkap Jung.

Dia menjelaskan bagaimana cita-cita Korea Selatan yang sejatinya berakar pada konfusianisme yang membuat banyak orang berpakaian lebih konservatif.

Namun, dia juga menyebutkan, ada gerakan pemberdayaan perempuan yang berkembang di negara ini.

Perempuan di sana bertekad untuk "melanggar" norma patriarki agar lebih ekspresif melalui cara berpakaian.

Hyein Seo, dengan potongan-potongannya yang seksi dan sangat dikonseptualisasikan memainkan sebagian besar dari spirit itu.

"Penafsiran Hyein Seo tentang tubuh dan pakaian perempuan sebagai bentuk pembebasan mengubah cara masyarakat memandang ekspresi diri yang berbeda," kata dia.

"Konservatisme tidak bisa lagi menjadi standar dan kita benar-benar dapat mengubah norma budaya melalui cara berpakaian secara kolektif dan menampilkan tubuh kita," tutur Jung.

"Ini sebenarnya adalah label yang berbasis di Seoul untuk melengkapi gaya perkotaan sehari-hari yang terinspirasi dari jalanan," kata Jung.

Brand tanpa gender ini menggabungkan elemen dari budaya Skandinavia dan Korea Selatan untuk menciptakan karya yang abadi maupun eksentrik, dengan siluet yang tidak konvensional.

Jung juga menyebutkan, lini tersebut tersedia secara global yang memungkinkan konsumen di mana saja dapat mencoba sendiri tampilan kasual streetwear.

"Sungguh menakjubkan bahwa sebuah brand yang begitu khas Korea Selatan sekarang diakui di seluruh penjuru dunia," tambah dia.

"Desainnya sangat unik, tetapi juga sederhana," ujar Kim.

"Desain Reike Nen cocok dengan berbagai tampilan tanpa membosankan. Saya juga menyukai pilihan warnanya," lanjut dia.

Selain pembaruan pakaian bergaya klasik, ada sesuatu yang sangat unik tentang karya Reike Nen yang masing-masing juga memiliki kesan kecanggihan yang sangat halus.

Setiap koleksinya berakar pada sesuatu yang klasik dengan sentuhan modern yang tak terduga.

Desainnya pun mengambil pengaruh dari era masa lalu dan menghasilkan berbagai gaya baru.

"Dia seorang desainer yang membuat pakaian yang menginspirasi kepercayaan diri dan keabadian," kata Jung.

Brand ini juga sangat serbaguna karena kita bisa pergi ke segala arah dengan potongan EENK.

"Orang-orang tidak lagi ingin berlangganan mode berpakaian tunggal, melainkan merangkul tren berbeda yang berlangsung selama beberapa dekade."

"EENK dengan sempurna mewujudkannya," imbuh dia.

Dan sebagai salah satu desainer top di Korea Selatan saat ini, Jung menilai, hanya masalah waktu yang membuat gaya pakaian ini bakal sampai ke dunia mode barat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/19/210000720/6-brand-fashion-dari-korea-yang-wajib-kamu-tahu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke