Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketika Ular Piton Muncul dari Balik Rak Bumbu di Supermarket...

Alati yang sedang berdiri di hadapan rak bumbu di Supermarket Woolworths sempat dikejutkan dengan kehadiran seekor ular piton sepanjang tiga meter.

Hewan yang tak berbisa itu menyembul dari dalam rak supermarket, dan lantas memposisikan diri begitu dekat di wajah gadis berusia 25 tahun itu.

"Saya hanya menoleh dan kepala ular ini ada sekitar 20 centimeter dari wajah saya, hanya menatap lurus ke arah saya," kata dia seperti dikutip dari BBC.

Kejadian ini tentu terasa mengerikan bagi banyak orang, dan bisa langsung memicu kepanikan.

Tetapi, meski terkejut, Alati mampu berpikir tenang dan mencoba mengambil beberapa langkah mundur untuk menjauh dari hewan melata itu.

Tentu saja, reaksi itu muncul bukan tanpa latar belakang. Ternyata, Alati berprofesi sebagai wildlife rescuer, sehingga dia sudah akrab dengan berbagai hewan liar, termasuk ular semacam ini.

Berbekal observasi sesaat, Alati mengaku langsung tahu bahwa ular di sisi wajahnya itu adalah jenis piton berlian yang tidak berbisa.

"Salah satu pertandanya, ular itu menjulurkan dan menjentikkan lidahnya," kata Alati.

Alih-alih kelabakan dan kabur dari lokasi, ia malah mencoba untuk menolong hewan tersebut.

"Ular ini terus berdiam dan menatap lurus ke arahku. Rasanya dia seperti berkata, 'bisakah kamu membawaku keluar?'" kata dia.

Setelah merekam kejadian luar biasa itu, Alati kemudian memberitahu staf supermarket, dan mengatakan akan membantu mengeluarkan ular tersebut.

Ia berlari pulang ke rumah yang tak jauh dari supermarket tersebut, untuk mengambil tas ular.

Setelah kembali ke toko, dia lalu memasukkan ular tersebut dengan cara menepuk ekornya agar piton yang tersesat itu segera menyelinap masuk.

Alati kemudian melepaskan ular ini di hutan semak yang merupakan habitat alami untuk spesies tersebut di sekitar Kota Sydney.

Berpengalaman menangani ular

Sepertinya, merupakan suatu kebetulan ular piton itu berhadapan langsung dengan Helaina Alati yang berpengalaman menangani hewan melata.

Bagaimana jika ular itu muncul di wajah orang yang takut dengan reptil? Tentu tak terbayangkan kepanikan yang bakal terjadi, bukan?

Sebelum kejadian ini, Alati telah melakukan setidaknya 20 penyelamatan ular. Ia kerap dijuluki gadis ular oleh teman-temannya karena kemampuannya itu.

Berangkat dair pengalamannya itu, Alati mengaku memang seperti mempunyai hubungan khusus dengan hewan-hewan semacam ini.

"Ular itu (mungkin) tertarik pada saya, seperti merasa bahwa saya adalah tipe orang yang peduli dan melindungi hewan," kata dia soal mengapa ular tersebut muncul di hadapannya.

"Tetapi sejujurnya, ini adalah kejadian paling menarik dalam beberapa saat terakhir setelah lockdown. Semua staf mengambil fotonya," kata dia.

Menurut Alati, kemungkinan ulat tersebut telah berada di dalam supermarket sejak semalam sebelumnya.

Biasanya, ular akan bersarang di langit-langit yang memang kerap menjadi lokasi persembunyian hewan jenis ini.

"Ular itu mungkin mengintai di rak sepanjang pagi ketika lusinan orang ... melewatinya dan mengambil rempah-rempah," cetus dia.  

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/20/144505620/ketika-ular-piton-muncul-dari-balik-rak-bumbu-di-supermarket

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke