Salin Artikel

Cara Menghapus Mantan dari Kehidupan Digital Kita

KOMPAS.com – Kita pernah memiliki hubungan romantis dengan seseorang, entah itu pacaran maupun menikah. Namun, akhirnya harus berpisah karena suatu hal. 

Jika hubungan berakhir buruk, dan kita benar-benar ingin melupakannya, sebaiknya hapus semua jejak dengan sang mantan, termasuk jejak digital.

Kebanyakan orang akan memblokir dan berhenti mengikuti mantan di media sosial. Tetapi kita bisa berbuat lebih banyak dari sisi keamanan. Apa saja?

1. Ubah semua kata sandi

Browser kita menyimpan semua kata sandi dan kita perlu mengubah semuanya. Tentu ini merepotkan, tapi kita perlu untuk melakukannya.

Pikirkan kata sandi lain, karena kita memerlukan kata sandi email baru dan kata sandi baru untuk semua akun. 

2. Memalsukan jawaban pertanyaan keamanan

Ketika kita dekat dengan seseorang, dia tentu tahu banyak tentang kita. Itu mungkin termasuk di mana kita dibesarkan, mobil pertama, dan lainnya.

Ini adalah pertanyaan keamanan yang umum. Jawaban kita dapat memberi seseorang akses ke akun kita terlepas dari apakah kita membagikannya atau tidak.

Jika perpisahan kita sangat buruk atau memiliki mantan yang paham teknologi, pastikan kita melakukan langkah ini:

  • Masuk ke situs yang berisi informasi pribadi yang sensitif, seperti bank, akun medis, dan akun keuangan kita.
  • Temukan pertanyaan keamanan kita di menu preferensi atau akun dan ubah jawabannya.

Cara lainnya, kita dapat memalsukan jawaban baru kita. Sebagian besar detail dalam pertanyaan keamanan sangat mudah ditemukan orang lain. 

3. Periksa tagihan kita

Periksa kembali semua akun kita untuk melihat apa yang kita bagikan bersamaan dengan mantan.

Paket telepon dan layanan streaming untuk film, TV, dan musik adalah tempat yang baik untuk memulai. Sisi baiknya, kita sekarang dapat beralih dari langganan keluarga ke satu akun dan tentu ini lebih menghemat uang.

Jika kita kesulitan mengingat semua, buka aplikasi bank dan urutkan berdasarkan pembayaran.

Kita juga dapat mencari "tanda terima" atau "pembayaran" di kotak masuk untuk memastikan kita mendapatkan semuanya. Satu lagi tempat untuk memeriksa langganan kita yaitu App Store jika kita memiliki iPhone atau Play Store untuk Android.

4. Jangan lupa perangkat pintar

Dari kamera keamanan hingga speaker pintar, akses ke akun yang tepat dapat membuat mantan kita melihat atau mendengarkan apa yang kita lakukan tanpa sepengetahuan kita. 

Ini saatnya untuk mengubah lebih banyak kata sandi. Lakukan ini untuk sistem keamanan, termostat pintar, akun e-commerce, dan perangkat lain yang terhubung ke internet dengan akun mandiri dia.

5. Hapus semua kenangan buruk

Sangat menyakitkan ketika sebuah memori muncul di Facebook atau di aplikasi foto kita, mengingatkan tentang momen bersamanya.

Di Facebook, buka facebook.com/memories dan pilih Sembunyikan Orang di bawah Pengaturan. Selanjutnya, klik kotak yang bertuliskan "Mulai mengetik nama..." dan ketik orang yang ingin kita lupakan. Klik Simpan.

Jika kita menggunakan Foto Apple, buka Album > Orang > Pilih. Pilih orang yang ingin kita hapus dan ketuk Hapus.

Di Google Foto, pilih Setelan foto > Kenangan > Sembunyikan orang & hewan peliharaan. Pilih siapa yang ingin kita hapus. Setelah selesai, ketuk panah kembali.

6. Ubah juga kode sandi perangkat

Jangan lupa tentang kode sandi ponsel dan juga kata sandi komputer atau tablet kita. Ya, mantan kita membutuhkan akses fisik atau secara langsung untuk masuk ke perangkat itu, tetapi lebih baik aman daripada menyesal.

Di iPhone dengan ID Wajah, buka Pengaturan > ID Wajah & Kode Sandi. Di iPhone dengan tombol Utama, buka Pengaturan > Touch ID & Kode Sandi.

Akun iCloud kita memungkinkan akses ke email, teks, foto, kontak, catatan, kalender, dan lainnya. Bahkan jika kita masuk sekali atau dua kali di komputer atau ponsel mantan, kata sandi kita mungkin saja tersimpan.

Untuk mengubah kata sandi iCloud, kita harus mengubah kata sandi ID Apple. Di perangkat iOS kita, buka Pengaturan > [nama kita] > Kata Sandi & Keamanan > Ubah Kata Sandi.

Di ponsel Android, buka Pengaturan > Keamanan. Ketuk Kunci layar untuk mengubah kode sandi kita. Catatan: Jika kita tidak menemukan pengaturan kunci layar di bawah Keamanan, temukan langkah-langkah di situs dukungan ponsel kita atau manual online.

Pada PC Windows, buka Mulai > Pengaturan > Akun > Opsi masuk. Klik Kata Sandi, lalu Ubah. Lakukan hal yang sama untuk PIN Windows Hello jika kita menggunakannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/24/083136820/cara-menghapus-mantan-dari-kehidupan-digital-kita

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.