Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gugat Nirvana, Spencer Elden Mengaku Menderita

KOMPAS.com - Spencer Elden, pria yang fotonya ketika masih bayi menjadi cover album legendaris Nevermind dari Nirvana, menggugat band tersebut dengan tuduhan eksploitasi seksual.

Pria yang kini sudah berusia 30 tahun itu menyebut gambar tersebut sebagai bentuk pornografi anak. Terlebih lagi, orangtua Elden mengaku tidak pernah menandatangani dokumen yang mengizinkan penggunaan gambar tersebut sebagai cover album band grunge ini.

Nirvana juga dikatakan berjanji untuk menutupi alat kelamin Elden yang masih bayi dengan stiker. Sayangnya, hal itu terbukti tidak dilakukan sehingga gambar area pribadinya itu menyebar luas.

"Gambar-gambar itu memperlihatkan bagian tubuh intim Spencer dan menunjukkan alat kelamin Spencer sejak dia masih bayi hingga saat ini," demikian bunyi dokumen hukum yang diajukan di Pengadilan California ini, dikutip dari BBC.

Dalam sampul album kedua Nirvana itu, Elden, yang masih berusia empat bulan, digambarkan menyelam di kolam berair biru. Bayi menggemaskan itu terlihat berupaya menggenggam uang dollar Amerika Serikat (AS) yang digantung dengan tali pancing yang berada di hadapannya.

Pengacara Elden, Robert Y Lewis, mengatakan, keberadaan uang dollar AS itu membuat kliennya tampak seperti pekerja seks. Uang tersebut juga ditambahkan dengan sentuhan editing pasca-pemotretan.

Elden menuduh, identitas dan nama resminya harus terkait selamanya karena pengalaman eksploitasi seksual yang dialami ketika masih bayi itu. Terlebih lagi, potret yang bermasalah itu telah didistribusikan dan dijual ke seluruh dunia sejak dia masih bayi hingga saat ini.

Akibat pengalaman tersebut, ia mengaku telah menderita dan akan terus menderita kerusakan seumur hidup sebagai akibat dari karya seni tersebut. 

Kerugian ini termasuk tekanan emosional yang ekstrem dan permanen, gangguan dengan perkembangan normal ataupun kemajuan pendidikannya, dan kebutuhan untuk perawatan medis dan psikologis.

Menyeret Dave Grohl dan Courtney Love

Gugatan ini cukup mengejutkan bagi dunia dan penggemar Nirvana. Pasalnya, Elden tidak pernah menunjukkan keberatan soal cover album tersebut sebelumnya.

Ia bahkan pernah beberapa kali melakukan reka ulang pose tersebut, termasuk saat peringatan 10 tahun, 20 tahun, dan 25 tahun peluncuran album dengan hits "Smells Like Teen Spirit" itu.

Bedanya, ia mengenakan celana dalam berbagai pose yang dilakukannya di masa dewasa.

Spencer Elden menggugat 15 orang yang terlibat dalam pembuatan album Nevermind, termasuk Dave Grohl, drummer Nirvana yang sekarang menjadi vokalis Foo Fighters.

Tuntutan ini juga menyeret Courtney Love, istri mendiang Kurt Cobain yang merupakan pentolan band ini; fotografer Kirk Weddle; dan beberapa orang lainnya.

Sebagai bagian dari gugatan ini, ia meminta ganti rugi sebesar 15.000 dollar AS masing-masing dari para tergugat.

Album Nevermind sendiri telah terjual sebanyak 30 juta kopi di seluruh dunia. Kesuksesan album ini menjadikan Nirvana sebagai salah satu band legendaris meski karier grup ini tergolong singkat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/26/114709720/gugat-nirvana-spencer-elden-mengaku-menderita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke